Efektivitas model pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs NU I’anatuth Thullab Mutih Kulon tahun ajaran 2019/2020

Mukaromah, Dhian Lailil (2021) Efektivitas model pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs NU I’anatuth Thullab Mutih Kulon tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056039_Dhian Lailil Mukaromah] Text (SKRIPSI_1503056039_Dhian Lailil Mukaromah)
SKRIPSI_1503056039_Dhian Lailil Mukaromah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika kelas VII MTs NU I’anatuth Thullab Mutih Kulon masih belum menyeluruh. Kesulitan tersebut diakibatkan oleh kesulitan yang dialami peserta didik dalam memahami soal cerita dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan di atas dapat ditegaskan jika upaya pemilihan model pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah merupakan suatu kebutuhan yang perlu dilakukan. Salah satu model yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah survey, question, read, recite, review (SQ3R).
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran survey question, read, recite, review (SQ3R). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas, yakni kelas VIIB selaku kelas eksperimen dan kelas VIID selaku kelas kontrol. Metode pengambilan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji instrumen posttest serta analisis data tahap akhir
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa uji perbedaan rata-rata pihak kanan (independent sample t-test) diperoleh taraf signifikansi sebesar 5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran survey, question, read, recite, review (SQ3R) efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmetika sosial peserta didik kelas VII MTs NU I’anatuth Thullab Mutih Kulon tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R); Pemecahan masalah matematika; Aritmetika sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:15
Last Modified: 10 Nov 2021 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13539

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics