Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun datar melalui model pembelajaran diskursus multi representasi (DMR) berbantu media puzzle siswa kelas VIII SMP N 1 Karangawen

Izzah, Nila Nafisatul (2021) Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep bangun datar melalui model pembelajaran diskursus multi representasi (DMR) berbantu media puzzle siswa kelas VIII SMP N 1 Karangawen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503056064_NILA NAFISATUL IZZAH] Text (SKRIPSI_1503056064_NILA NAFISATUL IZZAH)
SKRIPSI_1503056064_NILA NAFISATUL IZZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemamapuan pemahaman konsep pada materi bangun datar peserta didik kelas VII I SMP N 1 Karangawen tahun ajaran 2018/2019 melalui model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) berbantu media Puzzle.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas VII I SMP N 1 Karangawen. Pada penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) berbantu media Puzzle yaitu kelas VII I yang berjumlah 32 peserta didik. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif DMR, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran DMR dapat meningkatkan pemahamann konsep matematika peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan rata-rata nilai peserta didik kelas VII I meningkat dari tes kemampuan awal sebesar 59,24 ke siklus 1 sebesar 64,20, dan siklus 2 sebesar 71,63. Selain ini dilihat dari rata-rata persentase nilai setiap indikator pemahaman konsep matematika dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu: menyatakan ualng sebuah konsep, terjadi peningkatan sebesar 2,74%. Mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, terjadi peningkatan sebesar13,28%. Memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, terjadi peningkatan sebesar 6,25%. Menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi (visual, teks tertulis), terjadi peningkatan sebesar 3,99%. Menerapkan konsep secara algoritma, terjadi peningkatan sebesar 5,73%. Mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep, terjadi peningkatan sebesar 17,18%. Mengaitka berbagai konsep matematika secara internal atau eksternal, terjadi peningkatan sebesar 16,14%. Pada siklus 1 pada kategori cukup sedangkan pada siklus 2 pada kategori tinggi. Ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 65,63%, dan pada siklus 2 sebesar 78,13%, maka telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal pada pokok bahasan bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Bangun datar; Model pembelajaran; Diskursus Multi Representasi (DMR); Puzzle
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:22
Last Modified: 10 Nov 2021 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13549

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics