Penerapan Syariah Marketing dan Pengaruhnya terhadap Citra Lembaga Leasing Syariah “Danaku Syariah” Cabang Semarang
Zakariya, Dhien Adi (2011) Penerapan Syariah Marketing dan Pengaruhnya terhadap Citra Lembaga Leasing Syariah “Danaku Syariah” Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
062411073_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (501kB) | Preview
062411073_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (44kB) | Preview
062411073_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (201kB) | Preview
062411073_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (63kB) | Preview
062411073_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (215kB) | Preview
062411073_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
062411073_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (23kB) | Preview
Abstract
Syariah marketing adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan value dari suatu inisiator kepada stakeholders-nya, yang dalam keseluruhan prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah (bisnis) dalam Islam. Citra adalah Persepsi nasabah terhadap jati diri perusahaan, dan didasari pada apa yang mereka ketahui atau kira tentang perusahaan. Citra mempunyai peran penting dalam pengambilan keputusan seorang nasabah untuk menggunakan produk dari suatu perusahaan. Untuk Danaku Syariah yang baru berdiri pada tahun 2010 pembentukan citra yang baik di benak masyarakat sangat penting untuk dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Atas dasar tersebut, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh penerapan syariah marketing terhadap citra di Danaku Syariah cabang Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh penerapan syariah marketing terhadap citra Danaku Syariah cabang Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Danaku Syariah, pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Kuesioner didistribusikan kepada Nasabah yang sedang melakukan transaksi di Danaku Syariah cabang Semarang sebanyak 70 responden. Tanggapan yang diperoleh dari 70 kuesioner dianalisa dengan menggunakan analisa regresi sederhana. Dan metode yang digunakan untuk analisis kualitatif dengan wawancara Pegawai Danaku Syariah cabang Semarang.
Hasil olahan data yang dibantu dengan dengan program SPSS 16.0 for windows menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (penerapan syariah marketing) terhadap variabel dependen (Citra) mampu memberikan sumbangan sebesar 11.4%, sedang yang 88.6%, sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti) atau dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dari hasil analisis kualitatif implementasi syariah marketing sudah di terapkan di Danaku Syariah cabang Semarang. Sementara analisis kuantitatif pengaruh penerapan syariah marketing terhadapap citra menunjukkan nilai t hitung 2,956 dan p value (Sig) sebesar 0.004 yang berada di bawah alpha 5%. Artinya bahwa syariah marketing berpengaruh terhadap citra Danaku Syariah Cabang Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Syariah Marketing; Leasing Syariah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 01:23 |
Last Modified: | 24 Jan 2014 01:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1364 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year