Pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis aplikasi Android pada mata pelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya pada jenjang SMP

Andiyono, Rofi (2021) Pengembangan media pembelajaran inovatif berbasis aplikasi Android pada mata pelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya pada jenjang SMP. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1503066027_Rofi Andiyono_Skripsi Lengkap] Text (1503066027_Rofi Andiyono_Skripsi Lengkap)
1503066027_Rofi Andiyono_Lengkap Tugas Akhir - Andi Rofi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dunia gadget terutama smartphone sangat marak dan berkembang pesat di dalam lapisan masyarakat tidak terkecuali kalangan pelajar. M-Learning dapat membantu memfasilitasi, mendukung, meningkatkan prestasi belajar dan menambah pengalaman dalam belajar. Penelitian ini memakai metode penelitian R&D yang dikembangkan oleh Sugiyono. Penelitian ini memiliki beberapa tahapan di antaranya adalah studi awal, perencanaan, pengembangan, penilaian produk, revisi produk dan uji coba lapangan. Software utama dalam pembuatan M-Learning ini adalah menggunakan Android Studio dengan dukungan dari Website E-Learning yang dibuat dengan dukungan Framework Laravel. Software M-Learning memiliki beberapa fasilitas pendukung diantaranya, Video Pembelajaran, dan Simulasi Praktikum yang dapat membuat pengalaman belajar lebih menyenangkan.
Hasil riset analisis data yang telah dilaksanakan terhadap peserta didik pada jenjang SMP ,kualitas produk M-Learning memperoleh hasil validasi materi 80% ,validasi media 93%, guru IPA dengan persentase 92%, dan yang terakhir respon peserta didik memperoleh skor persentase 74.66% . Dengan hasil riset tersebut Software M-Learning layak untuk digunakan untuk menunjang pembelajaran peserta didik pada jenjang SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Teknologi pendidikan; Android; M-Learning; Kalor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:29
Last Modified: 26 Nov 2021 03:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13853

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics