Nilai-nilai pendidikan moral dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata dan relevansinya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah

Sa’adah, Dewi Nuris (2021) Nilai-nilai pendidikan moral dalam novel laskar pelangi karya Andrea Hirata dan relevansinya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096021_Dewi Nuris Sa_adah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1403096021_Dewi Nuris Sa_adah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Novel Laskar Pelangi mempunyai relevansi dengan masalah-masalah dunia pendidikan dan pengajaran. Di dalam novel Laskar Pelangi dapat memberikan sumbangan besar untuk memcahkan masalah-masalah nyata yang sulit dipecahkan dalam masyarakat, agar dapat menciptakan individu-individu yang lebih berkepribadian lebih cerdas dan mempunyai watak- watak yang baik. Novel Laskar pelangi dapat dijadikan media alternatif dalam bahan ajar di sekolah, khususnya pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Karena novel Laskar pelangi mengandung nilai edukatif dan nilai-nilai moral yang dapat dijadikan panutan atau masukan bagi peserta didik maupun pendidik, khususnya dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan moral dalam Novel Laskar Pelangi dan relevansinya dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka atau Library Research, yakni jenis penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khasanah literatur dan menjadikan “dunia teks” sebagai obyek utama analisisnya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan objektif dan pendekatan pragmatis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah metode induksi dan content analysis (analisis isi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan moral dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yaitu, memiliki sikap yang jujur, menumbuhkan sikap toreransi terhadap sesame, menumbuhkan sikap disiplin, menumbuhkan sikap demokratis dalam diri, memiliki sikap semangat kebangsaan, menumbuhkan sikap cinta tanah air, bersahabat atau komunikatif, mengembangkan sikap cinta perdamaian, memiliki sikap peduli sosial, memiliki sikap bertanggungjawab. Adapun relevansinya nilai-nilai pendidikan moral tersebut dengan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, terlihat bahwa pendidikan nilai moral mempunyai orientasi yang sama yaitu untuk membentuk pribadi yang lebih baik agar menjadi warga Negara yang baik (good citizen). Maka dapat disimpulkan bahwa ada relevansi atau hubungan antara nilai-nilai pendidikan moral dengan pendidikan kewarganegaraan di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; Pendidikan Moral; Pendidikan Karakter; Laskar pelangi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:10
Last Modified: 27 Nov 2021 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13957

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics