Pengaruh model pembelajara circ berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V sd N Kalipancur 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2020/2021

Inayatus S, Maya Silviana (2021) Pengaruh model pembelajara circ berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V sd N Kalipancur 01 Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096022_MAYA SILVIANA_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1403096022_MAYA SILVIANA_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh model circ berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD N Kalipancur 01. Penelitian dilatar belakangi saat pembelajaran berlangsung, adapun ditemukan dalam kondisi sebagai berikut: guru mengajar dengan menggunakan model konvensional/metode ceramah dengan penugasan. Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar hanya melaksanakan tugas menulis dan mengarang saja sesuai arahan guru. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh model pembelajaran circ berbantu media gambar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD N Kalipancur 01. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen jenis Pretest-Posttest Control Group. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji dua rata-rata. Nilai awal untuk kelas VA tertinggi 85 nilai akhir kelas eksperimen tertinggi 100 Sedangkan nilai awal kelas VB tertinggi 85 dan nilai akhir kelas kontrol tertinggi 95. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = Kriteria Ho diterima jika thitung ≤ ttabel dan Ha diterima jika thitung> ttabel. Dari hasil yang didapat dengan  = 5%, dk = 20+20-2 = 38 diperoleh t tabel = 2,02439 Ha diterima dan Ho ditolak karena thitung > ttabel, 0,09 > 2,02439. Adapun hasil nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu 0,552 dengan klasifikasi sedang, sedangkan kelas kontrol hanya mendapatkan nilai N-gain 0,303 dengan klasifikasi rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Dasar; Metode Pembelajaran; Keterampilan Menulis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 27 Nov 2021 03:23
Last Modified: 27 Nov 2021 03:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics