Efektivitas penggunaan metode Pair Check terhadap kemampuan membaca siswa hukum bacaan tajwid mim sukun mata pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas V MI Manabiul Ulum Balong Kembang
Nikmah, Ainun Fajar Barokhatin (2020) Efektivitas penggunaan metode Pair Check terhadap kemampuan membaca siswa hukum bacaan tajwid mim sukun mata pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas V MI Manabiul Ulum Balong Kembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1403096026_AINUN FAJAR B N_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Penggunaan Metode Pair Check Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Hukum Bacaan Tajwid Mim Sukun pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Kelas V MI Manabiul Ulum Balong Kembang. Penulisan ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode yang monoton dan tidak sesuai dengan materi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen, dengan desain Pretest-postest Control Group Design . Pada penelitian eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Manabiul Ulum.Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik perbedaan rata-rata yaitu analisis uji t-test. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berbentuk lisan. Dari penelitian yang telah dilakukan mengenai Efektivitas Penggunaan Metode Pair Check Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Hukum Bacaan Tajwid Mim Sukun pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadist Kelas V MI Manabiul Ulum, diperoleh kesimpulan bahwa, berdasarkan hasil postest yang telah dilakukan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81 dengan standar deviasi sebesar 7,51, sementara nilai rata-rata kelas kontrol adalah 69,36 dengan standar deviasi sebesar 6,58. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung sebesar 5,83 dan t_tabel sebesar 2,01. Karena t_hitung>t_tabel, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Artinya, ada perbedaan signifikan kemampuan membaca siswa yang menggunakan metode pair check dengan yang menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Dasar; Metode Pembelajaran; Membaca |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 27 Nov 2021 03:46 |
Last Modified: | 27 Nov 2021 03:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/13971 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year