Pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik materi akhlak suka menolong di TK Aisyiyah tahun 2020

Afsari, Iin (2021) Pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar peserta didik materi akhlak suka menolong di TK Aisyiyah tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106007_Iin Afsari_Lengkap] Text (Skripsi_1703106007_Iin Afsari_Lengkap)
1703106007_IIN AFSARI_FULL SKRIPSI - Iin Afsari(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Mengingat keberagaman budaya, latar belakang dan karakteristik peserta didik, serta tuntunan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran harus fleksibel, bervariasi dan memenuhi standar. Proses pembelajaran dalam satuan pendidikan harus interaktif, inspiratif, menyenangkan menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, kemandirian sesuai minat dan bakat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Selain guru dan siswa yang akan menentukan hasil pembelajaran, ada dua aspek yang perlu diperhatikan yaitu metode dan media pembelajaran. Metode maupun media pembelajaran harus mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Diharapkan dengan media yang menarik serta variatif mampu mendorong minat belajar serta membuat peserta didik terlatih belajar secara mandiri, dan mampu mengimbangi pesatnya teknologi yang berkembang. Proses belajar mengajar memang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan oleh guru. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, maka dunia pendidikan juga perlu adanya inovasi dalam berbagai bidang termasuk dalam strategi pelaksanaanya.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana penggunaan media interaktif animasi dalam meningkatkan minat belajar materi akhlak suka menolong pada peserta didik di TK Aisyiyah?
Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, penggunaan media interaktif animasi dapat meningkatkan minat belajar anak materi akhlak suka menolong di TK Aisyiyah. Hal tersebut dapat dilihat dari penilaian perkembangan anak pada aspek nilai, agama dan moral. Untuk mempermudah guru dalam memberikan informasi/materi pada anak guru memerlukan media pembelajaran interaktif sehingga perkembangan anak terpenuhi secara optimal. Selain itu pentingnya pondasi yang kuat untuk menyiapkan generasi bangsa yang berakhlak baik dimulai sejak dini

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Media interaktif animasi; Akhlak; Suka menolong; Taman kanak-kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:57
Last Modified: 02 Dec 2021 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14052

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics