Penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan sikap sopan santun pada anak di RA Miftahul Hidayah tahun 2021
Damayanti, Risna Afifat (2021) Penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan sikap sopan santun pada anak di RA Miftahul Hidayah tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703106027-Risna AD_Tugas Akhir - Risna Afifat.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (14MB)
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan sikap sopan santun pada anak di RA Miftahul Hidayah. Kajian ini dilatar belakangi oleh situasi di zaman milenial dimana semua aktivitas dipengaruhi oleh gadget yang dapat mengikis sikap sopan santun, dan akhlak pada setiap orang terutama pada anak-anak. Hal ini terbukti adanya kesulitan pendidik untuk membentuk sikap sopan santun pada anak. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan yang terjadi seperti: 1) Bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan pembiasaan untuk menanamkan sikap sopan santun pada anak di RA Miftahul Hidayah? 2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan metode pembiasaan dalam penanaman sikap sopan santun pada anak? 3) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat metode pembiasaan dalam menanamkan sikap sopan santun pada anak di RA Mifathul Hidayah?
Berbagai masalah tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilaksanakan di RA Miftahul Hidayah. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dimana penelitian ini bertujuan untuk menguraikan secara tepat berbagai gejala atau sifat dari setiap individu. Penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan kata tertulis seperti hasil wawancara dari beberapa narasumber. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, obervasi dan dokumentasi seperti foto dan data-data penting lainnya.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Penerapan metode pembiasaan untuk menanamkan sikap sopan santun pada anak di RA Miftahul Hidayah berjalan dan berlangsung dengan baik. Anak-anak dapat mengikuti pembiasaan yang diterapkan oleh guru seperti mencium tangan guru, membungkukkan badan ketika lewat di depan guru, mengucapkan salam dan lain sebagainya. 2) Hasil dari pelaksanaan pembiasaan ini yaitu anak mulai terbiasa mencium tangan guru dengan menggunakan hidung, mengucapkan salam di luar maupun di dalam sekolah, berbicara dengan nada yang rendah, dan pembiasaan tersebut juga dilakukan anak pada saat dirumah. 3) ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat penerapan pembiasaan yaitu faktor pendukungnya, lingkungan sekolah yang menekankan supaya anak dapat bersikap sopan santun, sehingga dengan begitu anak akan mengikuti pembiasaan tersebut. Sedangkan faktor penghambatnya adalah lingkungan dirumah, dimana anak kurang mendapat perhatian lebih dari orang tua dikarenakan orang tua nya sibuk bekerja. Meskipun begitu, masih perlu adanya dukungan dan kerjasama dari beberapa pihak supaya tercipta suasana yang kondusif ketika penerapan pembiasaan dilaksanakan. Proses ini berlangsung secara bertahap bukan secara instan terlebih pembiasaan yang dilaksanakannya pada anak, perlu adanya perhatian lebih dan kerjasama dengan berbagai pihak agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Sopan santun: Metode pembiasaan; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD); Taman kanak-kanak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 04:10 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 04:10 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14061 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year