Peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui story telling dengan media boneka tangan di Desa Karangmalang Kabupaten Sragen

Pratiwi, Novita Ardiana Indah (2021) Peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui story telling dengan media boneka tangan di Desa Karangmalang Kabupaten Sragen. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106050_Novita Ardiana_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106050_Novita Ardiana_Lengkap)
1703106050_Novita Ardiana_Lengkap tugas akhirr - Novita Ardiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dengan desain penelitian berupa perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Sedangkan subjek penelitian adalah anak usia dini usia 4-6 tahun di Desa Karangmalang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknis analisa data menggunakan statitiskan deskriptif kuantitaif untuk menganalis data dan mengelompokan data, dengan tujuan untuk perbandingan antara siklus I dan Siklus II kemudia menyusun suatu kesimpulan dan meningkatkanya.
Tujuan mengacupada rumusan masalah, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kecerdasaan linguistik anak melalui story telling dengan media boneka tangan di Desa Karangmalang Kecmatan Masaran Kabupaten Sragen Jawa Tengah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa melalui story telling dengan boneka tangan dapat meningkatkan kecerdasaan linguistik pada anak usia 4-6 tahun. Dengan dibuktikan adanya hasil deskriptif presentase kelulusan belajar yaitu pada siklus I jumlah saat kondisi awal anak hanya mampu 20% atau 1 anak saja dan pada siklus II anak mampu mencapai 80% atau 4 anak. Sehingga dalam penelitian ini dapat membuktikan tingkat pencapaianya melebihi apa yang direncanakan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan linguistik; Anak usia dini; Story telling; Boneka tangan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:31
Last Modified: 01 Dec 2021 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14087

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics