Upaya peningkatan kemampuan daya ingat anak melalui flashcard hijaiyah pada anak usia 3-6 tahun di TK Tarbiyatul Athfal 05 Muslimat NU Nolokerto tahun 2021

Zahrani, Rasita (2021) Upaya peningkatan kemampuan daya ingat anak melalui flashcard hijaiyah pada anak usia 3-6 tahun di TK Tarbiyatul Athfal 05 Muslimat NU Nolokerto tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106052_RasitaZahrani_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106052_RasitaZahrani_Lengkap)
1703106052_RasitaZahrani_Full Skripsi - Rasita Zahrani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Upaya peningkatan kemampuan daya ingat anak melalui flashcard hijaiyah ini merupakan alternatif baru dalam hal mengenalkan anak dengan huruf-huruf hijaiyah menggunakan media kartu. Karena pada dasarnya seorang guru disekolahan masih banyak yang metode pembelajarannya masih menggunakan metode kuno yaitu dengan cara menuliskan dibuku atau papan tulis, lalu anak di minta untuk menebak huruf-huruf tersebut. Dengan demikian metode tersebut kurang efektif dan kurang menarik minat anak dalam belajar huruf-huruf hijaiyah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini mengambil fokus permasalahan “Bagaimana upaya meningkatkan kemampuan daya ingat anak melalui permainan flashcard hijaiyah pada anak usia 3-6 tahun di TK Tarbiyatul Athfal 05 Muslimat NU Nolokerto tahun 2021”. Subjek penelitian ini mengambil sampel 15 anak yang masih berusia 3-6 tahun yang berada di TK Tarbiyatul Athfal 05 Muslimat NU Nolokerto. Adapun objek penelitiannya adalah upaya peningkatan kemampuan daya ingat anak melalui flashcard hijaiyah.
Berdasarkan penelitian dan pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan daya ingat anak melalui flashcard hijaiyah pada anak usia 3-6 tahun di TK Tarbiyatul Athfal 05 Muslimat NU Nolokerto dapat ditingkatkan melalui penggunaan media flashcard hijaiyah dalam proses pembelajaran sekaligus permainan bagi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam hal kemampuan mengenal huruf yaitu pada awal 53,3%, meningkat pada siklus I menjadi 60,0%, dan siklus II meningkat lagi menjadi 86,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Flashcard; Daya ingat; Huruf hijaiyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:40
Last Modified: 01 Dec 2021 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14088

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics