Strategi guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui pembelajaran daring di TK Hj. Euis Siti Ruyanah Pati tahun ajaran 2020/2021
Puspaningrum, Dyah (2021) Strategi guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui pembelajaran daring di TK Hj. Euis Siti Ruyanah Pati tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703106056_Dyah Puspaningrum_TUGAS AKHIR - 26_Dyah Puspaningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (962kB)
Abstract
Banyak pihak yang berpengrauh dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak, diantaranya orangtua, guru, dan lingkungan. Di sekolah, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Pada dasarnya, guru berpengaruh besar dalam pembentukan perilaku siswa. Namun di saat pandemi seperti sekarang, peran guru kurang maksimal dalam melaksanakan pembelajaran. Karena pembelajaran dilaksanakan dengan cara daring. Penetapan kebijakan belajar dengan sistem daring tentu menyebabkan perubahan sistem pembelajaran di taman kanak-kanak, yang belum diketahui dampaknya bagi perkembangan anak, termasuk sosial emosionalnya. Di TK Hj Siti Ruyanah, pembelajaran daring dilakukan dengan cara, yaitu guru mengirimkan video pembelajaran yang juga berisi tugas-tugas harian siswa. sehingga untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak, masih kurang, dan masih menjadi tugas guru bagaimana menjadikan pembelajaran daring, agar sosial emosional anak terus berkembang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak selama pembelajaran daring di rumah, bagaimana yang dilakukan guru untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui pembelajaran daring, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses strategi guru dalam mengembangkan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ii adalah : (1) perkembangan sosial emosional anak kelas A dan B di TK Hj. Euis Siti Ruyanah Pati selama pembelajaran daring, yaitu berkembang sesuai harapan yang ditandai dengan rasa percaya diri saat bercerita dihadaan guru, mampu mengontrol emosi yang stabil, dan berusaha mengerjakan kegiatan secara mandiri, (2) strategi yang dilakukan guru untuk mengembangkan sosial emosional anak melalui pembelajaran daring yaitu dengan pembiasaan rutin, yaitu dengan penugasan rutin yang diberikan oleh guru dan bekerjasama dengan orang tua murid, kedua dengan pembiasaan spontan, yaitu untuk merangsang rasa percaya diri anak, dan pembiasaan keteladanan untuk mengenalkan perilaku baik dan buruk pada anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Guru PAUD; Perkembangan sosial emosional; Anak usia dini; Pembelajaran daring; Taman kanak-kanak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 04:23 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 04:23 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14090 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year