Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa awal melalui pendekatan whole language pada anak kelompok A TK Islam Darul Mashoolih Pedurungan Semarang tahun 2020/2021
Assakinah, Assakinah (2021) Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa awal melalui pendekatan whole language pada anak kelompok A TK Islam Darul Mashoolih Pedurungan Semarang tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703106069_ASSAKINAH_FULL SKRIPSI - Assakinah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Pendekatan whole language adalah salah satu pendekatan pembelajaran bahasa yang menyajikan pengajaran bahasa secara utuh, tidak terpisah-pisah dengan menyatukan pandangan tentang pembelajaran bahasa.
Penelitian ini bertujuan. (1) Untuk Mengetahui dan Memperoleh Gambaran Tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Awal Melalui Pendekatan Whole Language Pada Anak Kelompok A TK Islam Darul Mashoolih Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2020/2021, (2) Untuk Mengetahui dan menjelaskan kendala-kendala dalam meningkatkan Kemampuan Berbahasa Awal Melalui Pendekatan Whole Language Pada Anak Kelompok A TK Islam Darul Mashoolih Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2020/2021.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya anak didik kelompok A TK Islam Darul Mashoolih, yang terdiri dari 16 anak, di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Teknik analisis yang di terapkan adalah deskriptif persentatif dan deskriptif aktivitas anak didik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan kemampuan berbahasa yang dicapai peserta didik kelompok A di TK Islam Darul Mashoolih Pedurungan Semarang lebih meningkat dibandingkan sebelumnya dimana perkembangan awal bahasa anak hanya mencapai 43,75% (BB) namun setelah dilakukan praktik penelitian tindakana kelas melalui pendekatan whole language, pada siklus pertama mengalami peningkatan mencapai 56,77% (MB), maka untuk itu dilakukan penelitian ulang pada siklus kedua dengan presentase 74,79% (BSH) dan pada siklus ketiga mencapai 87,5% (BSB), dimana tingkat pencapaian tersebut telah memenuhi target.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan whole language dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat menggunakan pendekatan tersebut untuk meningkatkan keterampilan bahasa anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bahasa; Metode pembelajaran; Pendekatan whole language; Taman kanak-kanak |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 03 Dec 2021 03:01 |
Last Modified: | 03 Dec 2021 03:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14099 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year