Intervensi pendidik terhadap kemampuan anak menyelesaikan konflik di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang

Ayu, Kinanti Kusuma (2021) Intervensi pendidik terhadap kemampuan anak menyelesaikan konflik di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106070_Kinanti Kusuma Ayu_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703106070_Kinanti Kusuma Ayu_Lengkap)
1703106070_Kinanti Kusuma Ayu_Full Skripsi - Kinanti Kusuma Ayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rumusan penelitin ini adalah: (1) Apa saja jenis konflik yang ada di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang? (2) Apa saja jenis strategi anak dalam menyelesaikan konflik di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabuputan Batang? (3) Apa saja jenis intervensi pendidik dalam menyelesaikan konflik anak di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui apa saja jenis konflik yang ada di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang (2) Untuk mengetahui apa saja jenis strategi anak dalam menyelesaikan konflik di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang (3) Untuk mengetahui apa saja jenis intervensi pendidik dalam menyelesaikan anak di KB Tunas Bangsa Desa Gondang Kecamatan Subah Kabupaten Batang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripstif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasilnya menunjukan bahwa anak-anak di KB Tunas Bangsa sudah mampu menyelesaikan konfliknya sendiri tanpa intervensi dari pendidik ataupun orang lain rasa saling membantu ketika temanya terlibat konflik juga sangat baik. Pendidik di KB Tunas Bangsa juga sangat baik dalam merespon ketika anak terlibat konflik. Mereka tidak langsung memberikan intervensi ketika anak berkonflik, namun mellihat konfliknya terlebih dahulu, anak mampu tidak dalam menyelesaikan konflik. Ketika terlihat anak tidak mampu menyelsaikan konfliknya sendiri baru pendidik memberikan intervensi terhadap anak

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intervensi pendidik; Konflik anak; Taman kanak-kanak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Dec 2021 03:03
Last Modified: 03 Dec 2021 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14100

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics