Pengaruh pembelajaran IPA dengan pop-up book terhadap penguasaan konsep siswa materi siklus air kelas V MI Matholiul Falah Juwana
Nisaa, Fitriana Khoirun (2021) Pengaruh pembelajaran IPA dengan pop-up book terhadap penguasaan konsep siswa materi siklus air kelas V MI Matholiul Falah Juwana. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1703096064_Fitriana Khoirun Nisaa__ Full Skripsi - Fitriana Khoirun Nisaa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran dan juga para guru serta siswa di MI Matholiul Falah Juwana belum mengenal pop-up book sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran IPA dengan pop-up book kelas V terhadap Penguasaan konsep pada materi siklus air di MI Matholiul Falah Juwana dan respon peserta didik terhadap media pop-up book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan bentuk non-equivalen control gruop design. Sampel pada penelitian ini adalah Kelas V Sift 1 yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V Sift 2 yang terdiri dari 18 siswa sebagai kelas kontrol.
Berdasarkan perhitungan analisis pengaruh 2 variabel yang dihitung menggunakan rumus korelasi biserial diperoleh hasil rbis (0,711171) > rtabel (0,32) untuk taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima, memiliki pengaruh sebesar 50,41%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop-up book kelas V pada materi siklus air di MI Matholiul Falah terhadap Penguasaan konsep siswa sebesar 50,41% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Respon peserta didik terhadap media pop-up book sebesar 88,26% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pop-up book; Siklus air; Penguasaan konsep siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 00:56 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 00:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14180 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year