Analisis keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V MI Roudlatul Ulum Suwawal 04 Jepara tahun pelajaran 2020/2021

Aisah, Adelya (2021) Analisis keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas V MI Roudlatul Ulum Suwawal 04 Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703096025_Adelya Aisah_Lengkap] Text (SKRIPSI_1703096025_Adelya Aisah_Lengkap)
1703096025_Adelya Aisah_Lengkap - Adelya Aisah(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V MI Roudlatul Ulum Suwawal 04 Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dan sejauah mana keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V MI Roudlatul Ulum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V MI Roudlatul Ulum Suwawal 04 Jepara rata-rata memiliki keterampilan menulis karangan narasi masih kurang. Rincian rata-rata pada penilaian setiap aspek adalah isi dengan rata-rata 1,5 (kurang), organisasi isi dengan rata-rata 1,3 (kurang), tata bahasa dengan rata-rata 1,6 (kurang), pilihan kata dengan rata-rata 1,4 (kurang), dan ejaan & tanda baca dengan rata-rata 1 (kurang). rata-rata kelima aspek adalah 1,4 (kurang).
Permasalahan keterampilan menulis karangan narasis siswa adalah tidak mengetahui apa yang harus dimulai, kurangnya keaktifan membaca dan referensi membaca, kurangnya pengetahuan dalam aturan penulisan yang benar, dan permasalahan penggunaan bahasa. Sikap guru dalam mengatasi permasalahan keterampilan menulis karangan narasi siswa adalah dengan memberikan masukan kepada siswa yang salah dan menjelaskan yang benar kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan menulis; Karangan narasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 00:49
Last Modified: 08 Dec 2021 00:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14211

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics