Pengaruh media komik cerita anak terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV MI Al-Wathoniyah 02 Brebes
Afrida, Amalia (2020) Pengaruh media komik cerita anak terhadap keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV MI Al-Wathoniyah 02 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1503096112_Amalia Afrida_Lengkap Tugas Akhir - amalia afrida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Komik Cerita Anak terhadap Keterampilan Menulis Narasi pada Siswa Kelas IV Mi Al-Wathoniyah 02 Brebes Tahun Ajaran 2020/2021. Masalah yang ditemukan dalam penelitian adalah siswa mengalami kesulitan dalam menulis paragraf narasi karena siswa tidak memahami tentang paragraf narasi dan strukturnya. Hal ini dikarenakan guru yang mengajar hanya dengan menggunakan metode konvensional.
Studi ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: Apakah media komik cerita anak berpengaruh terhadap keterampilan menulis narasi di MI Al-Wathoniyah 02 Brebes Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah “Quasi Experiment” yang dilaksanakan di kelas IV MI Al-Wathoniyah 02 Brebes. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan nilai pretest. Kemudian dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Setelah itu data dianalisis dengan uji berbeda rata-rata (Uji t) pihak kanan.
Kajian ini menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan menulis narasi yang diajar menggunakan media komik cerita anak lebih baik dari pada menggunakan metode konvensional. Hal ini berdasarkan perhitungan hasil penelitian yaitu diperoleh "t" _"hitung" = 6,452 dan "t" _"tabel" = 1,67528. Karena "t" _"hitung" > "t" _"tabel" maka "H" _"a" diterima dan "H" _"o" ditolak. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol= 73,222 dan kelas eksperimen= 83,153 sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media komik cerita anak lebih berpengaruh dari pada menggunakan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media komik; Cerita anak; Keterampilan nenulis narasi |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 00:43 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 00:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14232 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year