Pemanfaatan media big book untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa kelas III MI Nashrul Fajar Semarang

Widaningrum, Indah (2020) Pemanfaatan media big book untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa kelas III MI Nashrul Fajar Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096107_Indah Widaningrum_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096107_Indah Widaningrum_Lengkap)
(1503096107) Indah Widaningrum SKRIPSI INDAH WIDANINGRUM - indah wida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Media Big Book Terhadap Keterampilan Menyimak Siswa di Kelas III MI Nashrul Fajar Semarang. Masalah yang ditemukan dalam penelitian adalah siswa mengalami kesulitan dalam menyimak karena siswa tidak memahami tentang bagaimana cara menyimak dengan baik. Hal ini dikarenakan guru yang mengajar hanya dengan menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana pengaruh media big book terhadap keterampilan menyimak siswa di kelas III MI Nashrul Fajar Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IIIB dan IIIC dengan jumlah keseluruhan 66 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IIIB yang berjumlah 36 siswa dan kelas IIIC yang berjumlah 30 siswa. Seluruh populasi ini dijadikan sampel penelitian, adapun kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan IIIC sebagai kelas kontrol.
Data hasil penelitian yang terkumpul, dengan menggunakan tekhnik analisis statistik. Rata-rata nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan media big book x ̅_1= 68.61111 dan pada kelasnkontrol yang tidak menggunakan media big bookx ̅_2 = 61.5, berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh t_hitung= 2.841493 dan t_tabel= 1.66901, akhir menunjukkan bahwa pada penelitian ini t_hitung>t_tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa media big book berpengaruh dari pada menggunakan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media big book; Keterampilan menyimak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 08 Dec 2021 08:49
Last Modified: 08 Dec 2021 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics