Efektivitas model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa Kelas IV MI Manbaul Huda Margoyoso Pati tahun ajaran 2020/2021

Zulfa, Farida Naila (2020) Efektivitas model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa Kelas IV MI Manbaul Huda Margoyoso Pati tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1503096071_Farida Naila Zulfa_Lengkap] Text (SKRIPSI_1503096071_Farida Naila Zulfa_Lengkap)
1503096071_Farida Naila Zulfa_Tugas Akhir - Roses.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matematika siswa kelas IV MI Manbaul Huda Margoyoso Pati. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah 40 siswa, pada kelas IV A sebagai kelas eksperimen terdiri dari 20 siswa, sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Efektivitas pada penelitian ini ditunjukkan dengan nilai N-Gain dari pretest posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 4,068 dan ttabel = 1,686 dengan dk= 38 dan tingkat signifikasi 5%. Karena thitung > ttabel, yang artinya rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan model project based learning lebih baik dari rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen menggunakan model project based learning sebesar 78 dan kelas kontrol melalui pembelajaran konvensional yaitu 62. Kemudian hasil perhitungan N-Gain diperoleh data N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,47 dengan kriteria sedang dan lebih tinggi sedangkan pada kelas kontrol dipeoleh data N-Gain 0,23. Data-data tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model project based learning efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika materi keliling dan luas persegi panjang siswa kelas IV MI Manbaul Huda Margoyoso Pati tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Project based learning; Efektivitas; Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Dec 2021 01:08
Last Modified: 09 Dec 2021 01:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14348

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics