Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam QS. Luqman (31): 12-19 dan Konsep Strategi Terapannya pada Pendidikan Anak Usia Dini

Murtini, Murtini (2013) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam QS. Luqman (31): 12-19 dan Konsep Strategi Terapannya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 115112014_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
115112014_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 115112014_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
115112014_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 115112014_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
115112014_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 115112014_Tesis_Bab3.pdf] Text
115112014_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[thumbnail of 115112014_Tesis_Bab4.pdf] Text
115112014_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of 115112014_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
115112014_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 115112014_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
115112014_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam dalam QS. Luqman (31): 12-19 dan konsep strategi terapannya pada pendidikan anak usia dini, jika dilihat dari latar belakang masalah yakni pengaruh Era globalisasi telah memasuki kehidupan manusia. Sehingga orangtua tidak sanggup mendidik anaknya sesuai dengan ajaran al-Qur’an terutama pendidikan anak yang terdapat dalam Surat Luqman ayat 12-19. Dan akhirnya, anak-anak zaman sekarang pada melenceng, akidah rusak, amoral, tidak hormat kepada kedua orang tua, sombong dan suka berkata keras dan kasar.
Melihat sosio kultural masyarakat pada masa saat ini, yakni kultural masyarakat yang sudah rusak moralnya, syirik, tidak hormat kepada orang tua, sombong, suka berkata kasar dan lain-lain. Hal ini bisa diperbaiki dengan konsep strategi terapannya pada pendidikan anak usia dini dengan mengambil nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat Luqman ayat 12-19. Dan dengan menggunakan metode tafsir tahlili yakni menafsiran al-Qur’an dari berbagai aspek sesuai dengan kecenderungan mufassir dan dalam penelitian ini lebih fokus mengkaji tentang kosakatanya, asbabnuzulnya dan lain-lain yang berkaitan dengan teks atau kandungan ayatnya. Sehingga bisa mencari kandungan yang terdapat dalam Surat Luqman ayat 12-19 dengan berurutan. Selain itu, jika dilihat ayat-ayatnya mengandung metode yang sangat bagus untuk mendidik anak agar mengerti manhaj Allah serta pendidikan terpadu yang dibutuhkan oleh anak baik urusan agama maupun dunia, karena nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam surat Luqman ayat 12-19 ini mencakup poros-poros berikut: pengesaaan Allah, berbakti kepada orang tua, urgensi ibadah yang positif, pemahaman tentang hakikat dunia, tatakrama dan etika, perencanaan kehidupan.
Penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan kajian kepustakaan (library research), menggunakan sumber data primer yakni dari sumber utama adalah al-Qur’an, sumber data sekunder yakni kitab-kitab tafsir, dan sumber data tersier yakni buku-buku yang terkait dalam penelitian ini dan menggunakan analisis data (metode tahlili). Sehingga bisa menjawab dan menemukan tujuan sekaligus menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu sebagai berikut:
Pertama, nilai-nilai pendidikan Islam dalam QS. Luqman (31): 12-19 yaitu aqidah, nilai ibadah, akhlak kepada orang tua, kesehatan, duniawi, ibadah, sabar dan seni suara. Kedua, pendidikan anak usia dini yang bisa diartikan pemberian upaya untuk menstimulasi, membimbing, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan ketrampilan anak. Pendidikan bagi anak usia dini merupakan sebuah pendidikan yang dilakukan pada anak yang baru lahir sampai dengan 6 tahun. Pendidikan pada tahap ini memfokuskan pada physical, intelligence/cognitive, emotional, social education. Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam dalam QS. Luqman (31): 12-19 dan konsep strategi terapannya pada pendidikan anak usia dini yakni konsep strategi dalam pendidikan sangat dibutuhkan dan penting sekali karena pendidikanlah yang akan membentuk manusia di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 06 Feb 2014 07:59
Last Modified: 06 Feb 2014 07:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics