Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran PAI Melalui In House Training di SD Muhammadiyah 01 Wuled Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013
Risdiani, Risdiani (2013) Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Alat Peraga Pembelajaran PAI Melalui In House Training di SD Muhammadiyah 01 Wuled Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Masters thesis, IAIN Walisongo.
115112044_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (594kB) | Preview
115112044_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (46kB) | Preview
115112044_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (352kB) | Preview
115112044_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
115112044_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Download (169kB)
115112044_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
115112044_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (26kB) | Preview
115112044_Tesis_Lampiran1.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
115112044_Tesis_Lampiran2.pdf - Supplemental Material
Download (468kB) | Preview
Abstract
Guru merupakan komponen yang dominan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Peran guru menjadi utama dalam pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Guru juga merupakan komponen yang sangat mempengaruhi terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Kenyataan di lapangan belum semua guru memiliki kompetensi yang memadai, hal ini seperti yang terjadi di SD Muhammadiyah 01 Wuled, guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah dan hanya menggunakan papan dan kapur tulis dalam pembelajaran PAI. Hanya 34% guru yang terampil dalam menggunakan alat peraga, dan 17% guru terampil dalam membuat alat peraga pembelajaran PAI, sehingga kualitas pendidikan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berkenaan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan kegiatan in House Training sebagai sarana untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan alat peraga pembelajaran PAI, meliputi keterampilan guru dalam menggunakan dan membuat alat peraga pembelajaran.
Desain penelitian ini menggunakan satu kelompok subjek, adapun metodenya berupa penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari refleksi awal-perencanaan-tindakan-observasi-refleksi dan evaluasi, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan pada saat pelaksanaan iHT, wawancara untuk mengetahui informasi tentang pelaksanaan iHT, test praktek pada awal sebelum diadakan tindakan dan test praktek setelah diadakan tindakan, dan dokumentasi untuk mendapat informasi tentang sejarah, data guru dan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SD Muhammadiyah 01 Wuled. Dari data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis mengunakan uji t, dan dinyatakan berhasil jika thitung > ttabel dan hipotesis diterima.
Hasil analisis data menunjukkan, bahwa setelah diadakan iHT, kemudian di tindak lanjuti melalui supervisi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas, diperoleh hasil pada siklus I dan siklus II kompetesi guru dalam penggunaan alat peraga pembelajaran, meliputi: keterampilan menggunakan dan membuat alat peraga pembelajaran mengalami peningkatan secara signifikan. Pada awal sebelum tindakan hanya 34% guru yang terampil dalam mengunakan alat peraga pembelajran PAI, siklus I meningkat 66% dan pada siklus II meningkat 83%. Sedangkan keterampilan guru dalam membuat alat peraga pembelajaran meningkat dari yang semula 17% guru yang terampil menjadi 33% pada siklus I dan menjadi 66% pada siklus II. Berdasar hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatakan kompetensi guru dalam penggunaan alat peraga pembelajaran PAI dapat dilakukan melalui kegiatan in House Training.
Namun demikian disarankan bagi pihak sekolah secara kontinu memberikan pelayanan kepada guru untuk selalu meningkatkan kemampuan keprofesionalan, dan guru hendaknya mampu memberi pelayanan serta menfasilitasi peserta didik secara optimal dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat meningkatkan peran aktifnya, pemahaman, hasil belajar serta pengalaman dalam proses pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Guru; In House Training; Alat Peraga Pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 08 Feb 2014 02:56 |
Last Modified: | 08 Feb 2014 02:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1491 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year