Korelasi antara Persepsi tentang Lingkungan Belajar dan Perilaku Beribadah Siswa dengan Hasil Belajar Fiqh di Kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013

Ummah, Zaimatul (2013) Korelasi antara Persepsi tentang Lingkungan Belajar dan Perilaku Beribadah Siswa dengan Hasil Belajar Fiqh di Kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Masters thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 115112072_Tesis_Sinopsis.pdf]
Preview
Text
115112072_Tesis_Sinopsis.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 115112072_Tesis_Coverdll.pdf]
Preview
Text
115112072_Tesis_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 115112072_Tesis_Bab1.pdf]
Preview
Text
115112072_Tesis_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 115112072_Tesis_Bab2.pdf]
Preview
Text
115112072_Tesis_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of 115112072_Tesis_Bab3.pdf] Text
115112072_Tesis_Bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[thumbnail of 115112072_Tesis_Bab4.pdf] Text
115112072_Tesis_Bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of 115112072_Tesis_Bab5.pdf]
Preview
Text
115112072_Tesis_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 115112072_Tesis_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
115112072_Tesis_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (33kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu masalah yang sangat potensial dalam sejarah kehidupan manusia, Hasil belajar juga penting di capai dalam pembelajaran fiqih, Hasil belajar fiqih bisa dipengaruhi oleh bagaimana siswa memandang lingkungan sekitarnya, bagi siswa persepsi mereka tentang lingkungan yang harmonis, penuh perhatian dan kasih sayang akan membantu anak belajar dengan lebih baik karena disamping memberikan motifasi, lingkungan juga apat menciptakan situasi belajar yang baik. Selain itu hasil belajar fiqih juga dipengaruhi oleh kebiasaan dalam beribadah, siswa yang tekun beribadah akan menjadikan siswa mengetahui secara langsung tata cara dari iubadah tersebut, sehingga siswa akan mudah memehami setiap materi fiqih yang diajarkan guru dan pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajarnya.
Penelitian ini untuk menjawab masalah 1) Adakah korelasi antara persepsi tentang lingkungan belajar dengan hasil belajar fiqih siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013? 2) Adakah korelasi antara perilaku beribadah siswa dengan hasil belajar fiqih di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013? 3) Adakah korelasi antara persepsi tentang lingkungan belajar dan perilaku beribadah dengan hasil belajar fiqih siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013?
Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan kuantitatif dengan analisis regresi dua prediktor. Subyek penelitian sebanyak 63 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen quesioner. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu menggunakan teknik analisis product moment dua prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi uji t.
Hasil penelitian menunujukkan : 1) Ada korelasi antara persepsi tentang lingkungan belajar dengan hasil belajar fiqih siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013, hasil tersebut diperoleh dari uji signifikansi sebesar thitung = 3.228 > ttabel (0,05=60) = 2,000 dan ttabel (0,01=60) = 2,660. Sumbangan persepsi tentang lingkungan belajar terhadap hasil belajar fiqih siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013 sebesar 14.6%, sedangkan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. 2) Ada korelasi antara perilaku beribadah siswa dengan hasil belajar fiqih di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013, hasil tersebut diperoleh dari diketahui hasil uji signifikansi sebesar thitung thitung = 4.355 > ttabel (0,05=60) = 2,000 dan ttabel (0,01=60) = 2,660. Sumbangan lingkungan belajar terhadap perilaku beribadah siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013 sebesar 23.7% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Ada korelasi antara persepsi tentang lingkungan belajar dan perilaku beribadah dengan hasil belajar fiqih siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013. Hasil tersebut diperoleh dari uji signifikasi thitung =4.695 > thitung = ttabel (0,05=60) = 2,000 dan ttabel (0,01=60) = 2,660 sehingga signifikan karena thitung > ttabel. Sumbangan lingkungan belajar dan perilaku beribadah dengan hasil belajar fiqih siswa di kelas XII MAN Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013 sebesar 26.5% selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar; Perilaku Ibadah; Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Feb 2014 04:45
Last Modified: 10 Feb 2014 04:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1496

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics