Pola pendidikan anak di wilayah terpencil : kasus di Seklenting Wedung, Demak

Muna, Aida Nailil (2020) Pola pendidikan anak di wilayah terpencil : kasus di Seklenting Wedung, Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016039_AIDA_NAILIL_ MUNA] Text (SKRIPSI_1603016039_AIDA_NAILIL_ MUNA)
SKRIPSI_1603016039_AIDA_NAILIL_ MUNA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pendidikan yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak dalam keluarga di Dukuh Tambak Seklenting, Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Penelitian ini fokus pada orang tua yang memiliki anak usia 6-12 tahun atau anak yang bersekolah dasar .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian adalah delapan orangtua (ibu) yang memiliki anak usia 6-12 tahun atau sekolah dasar. Penelitian dilakukan di Dusun Tambak Seklenting, Desa Wedung, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pola pendidikan anak di Tambak Seklenting, Wedung Demak ? dan Apa saja problematika orangtua dalam mendidik anak di Tambak Seklenting, Wedung Demak ? Dengan tujuan dengan dilakukannya penelitian ini akan mendapatkan jawaban atas pola pendidikan anak dan mengetahui apa saja hambatan-hambatan orang tua dalam mendidik anaknya.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pola pendidikan anak yang diterapkan oleh keluarga di Tambak Seklenting adalah meliputi pemberi dasar pendidikan agama, pendidikan sosial, dan pendidikan moral dengan model pola asuh demokratis, permisif, dan otoriter. Sedangkan Problematika pendidikan anak di Tambak Seklenting yang adalah (1) Kesadaran masyarakat nelayan terhadap pendidikan anak di masih rendah (2) Peran ganda seorang ibu yang membawa dampak negatif ke pada anaknya. (3) Kurangnya waktu ayah terhadap anaknya.(4) Permasalahan ekonomi yang dialami oleh keluarga nelayan Tambak Seklenting. (5) Kurangnya minat anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola pendidikan; Pendidikan anak; Wilayah terpencil
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nadiyatul Muna
Date Deposited: 01 Apr 2022 00:57
Last Modified: 01 Apr 2022 00:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics