Implementasi pendidikan karakter religius di SD Daarul Qur’an Kota Semarang

Sholehah, Imantriana Ainun (2020) Implementasi pendidikan karakter religius di SD Daarul Qur’an Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016078_`AINUN_IMANTRIANA_SHOLEHAH] Text (SKRIPSI_1603016078_`AINUN_IMANTRIANA_SHOLEHAH)
SKRIPSI_1603016078_`AINUN_IMANTRIANA_SHOLEHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan bagaimana implementasi pendidikan karakter religius di SD Daarul Qur’an Kota Semarang.
Permasalahan tersebut dibahas dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh melalui teknik pengumpulan data, kemudian data dianalisis melalui proses tahapan pengelolaan data berupa: reduksi data, data display, data verifikasi. Data yang sudah terkumpul bersifat deskriptif dengan teknik analisis datanya menggunakan triangulasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa implementasi pendidikan karakter religius di SD Daarul Qur’an Semarang dilakukan dengan metode pembiasaan (amal), pemahaman (ilm) dan keteladanan (uswah hasanah). Metode pembiasaan implementasi pendidikan karakter religius pihak sekolah dalam hal menanamkan karakter religius yang akan membentuk akhlak atau perilaku siswa yang baik. Dalam implementasinya terdapat beberapa kegiatan yaitu: do’a mendo’akan dan memita dido’akan, MABIT, shalat wajib berjama’ah di awal waktu, shalat dhuha, shalat qabliyah dan shalat ba’diyah, sedekah dan puasa Sunnah. Metode pemahaman dalam implementasi pendidikan karakter religius dengan metode nasehat, diskusi dan belajar dan mengajar dan tahsin tahfidz. Dan metode keteladanan dalam implementasi pendidikan karakter religius adalah guru sebagai contoh atau teladan yang baik bagi peserta didiknya, baik itu dalam kegiatan beribadah maupun perilaku sehari-hari di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pembelajaran; Pendidikan karakter; Religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dely Tresia Putri
Date Deposited: 26 Mar 2022 03:24
Last Modified: 26 Mar 2022 03:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15666

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics