Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fikih kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012 - 2013
Wartinaningsih, Wartinaningsih (2013) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Fikih kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012 - 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911077_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911077_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
093911077_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (182kB) | Preview
093911077_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (59kB) | Preview
093911077_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
093911077_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
093911077_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (496kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Juwana Pati Tahun Pelajaran 2012-2013, dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana disiplin belajar peserta didik kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013(X)?, 2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013(Y)?, 3) Apakah disiplin belajar mempengaruhi prestasi belajar fikih kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013?
Tujuan penelitian, yaitu Untuk mengetahui: 1) disiplin belajar peserta didik kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013, 2) prestasi belajar peserta didik kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013, 3) Apakah ada pengaruh antara disiplin belajar dengan prestasi belajar fikih kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Data dikumpulkan dengan angket atau questionaire kepada 35 responden kelas V secara langsung di MI Nurul Huda Juwana Pati. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan disiplin belajar peserta didik kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 60,91 berada pada interval 56-60. Prestasi belajar peserta didik kelas V MI Nurul Huda Juwana Pati termasuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 73,08 berada pada interval 71-77.
Disiplin belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar di MI Nurul Huda Juwana Pati, dengan hasil nilai koefisien korelasi rxy = 0,557 > rt (5%) = 0,334 dan rt (1%) = 0,430. Sedangkan dalam uji Freg diketahui, bahwa Freg = 14,815 > Ftabel (1%) = 0,430 dan Ftabel (5%) = 0,334. Ini berarti signifikan sehingga hipotesis yang menyatakan ada pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar di MI Nurul Huda Juwana Pati dapat diterima.
Disiplin belajar hanya masuk dalam kategori cukup karena ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi presatasi belajar peserta didik, yaitu minat belajar, motivasi belajar, dukungan dari orang tua dan lingkungan sekitar. Sehingga prestasi belajar peserta didik tidak hanya ditentukan oleh disiplin belajarnya. Disiplin belajar hanya salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Bentuk-bentuk disiplin belajar yang mempengaruhi prestasi belajar peserta didik adalah masuk kelas tepat waktu, memperhatikan penjelasan guru, mencatat hal-hal yang dianggap penting, terlibat aktif dan kreatif dalam kerja kelompok, menanyakan hal-hal yang belum jelas, mempergunakan waktu istirahat sebaik-baiknya, berdoa sebelum pelajaran dimulai, mengumpulkan tugas tepat waktu
Dengan demikian semakin baik disiplin belajarnya, semakin tinggi pula prestasi belajar di MI Nurul Huda Juwana Pati tahun pelajaran 2012-2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; Fikih; Disiplin Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 06 Mar 2014 09:48 |
Last Modified: | 06 Mar 2014 09:48 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1618 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year