Upaya merangsang kefasihan membaca huruf hijaiyyah pada anak usia dini melalui penggunaan media kartu huruf hijaiyyah di TK Matholi’ul Falah Juwana tahun ajaran 2019/2020

Umayroh, Siti Nur (2021) Upaya merangsang kefasihan membaca huruf hijaiyyah pada anak usia dini melalui penggunaan media kartu huruf hijaiyyah di TK Matholi’ul Falah Juwana tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603106069_Siti Nur Umayroh_Lengkap] Text (SKRIPSI_1603106069_Siti Nur Umayroh_Lengkap)
PIAUDSkripsi-SITINURUMAYROH-1603106069-pdf - umayroh uma(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merangsang kefasihan embaca huruf hijaiyyah pada anak usia dini terutama pada kelompo A1 di TK Matholi’ul Falah Juwana. Pada pembelajaran merangsang kefasihan huruf hijaiyyah dengan penggunaan media kartu huruf ini juga mengandung beberapa aspek yaitu aspek perkembangan Bahasa dan aspek perkembangan kognitif, dalam penelitian ini hanya mengambil satu permasalahan yaitu : 1. Bagaimana upaya merangsang kefasihan membaca huruf hijaiyyah pada anak usia dini melalui penggunaan media kartu huruf hijaiyyah di TK Matholi’ul Falah Juwana Tahun Ajaran 2019/2020 ?
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus yang terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi dari TK Matholi’ul Falah terutama kelas A1 yang berjumlah 15 yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Instrument dalam penelitian ini peneliti menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang berjudul “merangsang kefasihan membaca huruf hijaiyyah melalui penggunaan media kartu huruf.”
Hasil dari penelitian ini adalah : merangsang kefasihan membaca huruf hijaiyyah pada kelas A1 di TK Matholi’ul Falah ini sudah berjalan dengan baik dan penggunaan media kartu huruf hijaiyyah termasuk metdeia yang sangat diminati oleh anak usia dini dan dapat meningkatkan semangat belajar pada anak-anak. Kemudian hasil dari penelitian siklus I ini diperoleh hasil 59% dan pada siklus II ini diperoleh hasil 84%. Dengan hasil tersebut bahwa peniliti sudah berhasil karena telah mencapai target indicator penelitian sebesar 75%. Sedangkan factor uyang mendukung dalam penelitian ini adalah adanya semangat dari pendidik untuk menerapkan media kartu huruf dalam merangsang kefasihan membaca huruf hijaiyyah, dan antusius peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tersebut. Sedangkan factor yang menghambat adalah ramainya peserta didik dalam menggunakan media kartu huruf hijaiyyah, sehingga masih ada beberapa anak yang kurang focus dalam pembelajarn kefasihan membaca ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kefasihan membaca; Media kartu Huruf Hijaiyyah; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:38
Last Modified: 11 Jun 2022 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics