Pengaruh stimulasi perkembangan anak usia 1-2 tahun melalui video lagu anak-anak di TPA Yaa Bunayya Kota Pekalongan

Khafidhotun, Nur (2021) Pengaruh stimulasi perkembangan anak usia 1-2 tahun melalui video lagu anak-anak di TPA Yaa Bunayya Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106032_NUR KHAFIDHOTUN_FULL] Text (SKRIPSI_1703106032_NUR KHAFIDHOTUN_FULL)
1703106032_NUR KHAFIDHOTUN_TUGAS AKHIR - nada biru.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stimulasi perkembangan anak usia 1-2 tahun melalui video lagu anak terhadap kemampuan aspek psikomotorik dan bahasa anak. Stimulasi merupakan pemberian rangsangan kepada peserta didik dari usia 0-6 tahun dalam pencapaian perkembangan anak agar bertumbuh dan berkembang secara optimal. Penelitian ini bertempat di TPA Yaa Bunayya Kota Pekalongan dengan rumusan masalah penelitian : Bagaimana pengaruh perkembangan anak usia 1-2 Tahun melalui Video Lagu Anak terhadap keterampilan psikomotorik dan bahasa di TPA Yaa Bunayya Kota Pekalongan?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi atau mengambarkan secara langsung pengaruh stimulasi video lagu anak terhadap kemampuan aspek psikomotorik dan bahasa anak. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi juga memakai anekdot sebagai catatan perkembangan anak untuk mengetahui pencapaian perkembangan anak terhadap aspek psikomotorik dan bahasa anak. Kemudian data diolah dan dikumpulkan, selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui stimulasi video lagu anak, dapat mempengaruhi kemampuan perkembangan pada aspek psikomotorik dan bahasa, dengan kategori cukup baik sebanyak 50% guru TPA pagi dengan guru partisipan menyatakan cukup baik dalam pengaruh stimulasi perkembangan anak usia 1-2 tahun melalui video lagu anak dan sebanyak 50% guru TPA siang dengan guru partisipan menyatakan cukup baik dalam pengaruh stimulasi perkembangan anak usia 1-2 tahun melalui video lagu anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Stimulasi; Perkembangan psikomotorik; Perkembangan bahasa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:27
Last Modified: 11 Jun 2022 03:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics