Upaya peningkatan pembelajaran literasi pada anak melalui kegiatan mendongeng menggunakan panggung boneka di KB Bahrul Ulum Bulu Rembang tahun 2020/2021

Fatimah, Nurul (2021) Upaya peningkatan pembelajaran literasi pada anak melalui kegiatan mendongeng menggunakan panggung boneka di KB Bahrul Ulum Bulu Rembang tahun 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1703106040_Nurul_Fatimah_Full] Text (SKRIPSI_1703106040_Nurul_Fatimah_Full)
1703106040_Nurul_Fatimah_Full_Skripsi - fahim azzahra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran literasi pada anak melalui kegiatan mendongeng menggunakan panggung boneka. Mendongeng adalah suatu kegiatan bercerita yang disampaikan secara lisan dan dapat mengembangkan literasi anak seperti meningkatkan kemampuan berbahasa. Namun, yang terjadi di lapangan Guru sudah menerapkan pembelajaran literasi melalui kegiatan mendongeng, tetapi kegiatan mendongeng tersebut belum menggunakan media yang tepat untuk memberikan stimulus kepada anak seperti interaksi antara guru dan anak belum optimal, dalam kemampuan bahasanya anak masih malu untuk berbicara. Supaya anak lebih tertarik serta lebih paham dengan isi dongeng yang disampaikan maka guru, maka penelitian ini menggunakan media panggung boneka untuk mengetahui peningkatan literasi anak melalui kegiatan mendongeng.
Pada penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan jumlah 6 anak, 4 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Instrument penelitian ini menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi dan pedoman dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, pada penelitian pra tindakan didapatkan hasil 34,37%, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata pembelajaran literasi melalui kegiatan mendongeng mencapai 50%, dan pada siklus II rata-rata pembelajaran literasi melalui kegiatan mendongeng mencapai 76,04%. Hasil tersebut menunjukan bahwa penelitian ini berhasil karena sudah mencapai target indicator penelitian sebesar 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran literasi; Mendongeng; Media panggung boneka
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:26
Last Modified: 11 Jun 2022 03:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16216

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics