Pengaruh pembelajaran kooperatif inside outside circel terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V MI Nurul Huda Mejagong tahun ajaran 2020/2021

Kamal, Nanda Rijalul (2022) Pengaruh pembelajaran kooperatif inside outside circel terhadap keterampilan berbicara Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V MI Nurul Huda Mejagong tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRISI_1403096031_Nanda Rijalul Kamal_Lengkap] Text (SKRISI_1403096031_Nanda Rijalul Kamal_Lengkap)
1403096031_Nanda Rijalul Kamal_TugasAkhir.docx - ela umaydi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap kemampuan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa MI Nurul Huda kelas V semester II , Mejagong Kab. Pemalang. Skripsi ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode Quasi Experiment. Populasi pertama berjumlah 13 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi kedua berjumlah 13 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran model Inside Outside Circle.
Hasil analisis tes (post-test) menunjukan bahwa kelompok eksperimen mempunyai hasil yang lebih baik dibanding dengan kelompok kontrol. Dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata dimasing-masing kelompok. Kelompok eksprimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 81,77 dan kelompok kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 51,15. Dengan demikian bahwa kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle lebih baik dari pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle. Model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa MI Nurul Huda s kelas V semester II , Mejagong Kab. Pemalang 2020/2021. Dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 dan thitung > ttabel. Disamping itu model pembelajaran Inside Outside Circle dinilai lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Ditunjukkan dari hasil uji T-test, rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Inside outside circle; Ketrerampilan berbicara; Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:41
Last Modified: 11 Jun 2022 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16230

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics