Analisis peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar muatan matematika dalam pelaksanaan BDR daring di masa pandemi pada siswa kelas III MI

Munfaridha, Rizqotul (2021) Analisis peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar muatan matematika dalam pelaksanaan BDR daring di masa pandemi pada siswa kelas III MI. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1603096076_Rizqotul Munfaridha_Lengkap] Text (Skripsi_1603096076_Rizqotul Munfaridha_Lengkap)
1603096076_Rizqotul Munfaridha_TUGAS AKHIR - Rizqotul Munfaridha.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana analisis peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar muatan pelajaran matematika dalam pelaksanaan BDR daring di masa pandemi pada siswa kelas III MI. Penelitian dilatarbelakangi oleh adanya fenomena Covid-19 yang melanda Indonesia, yang menyebabkan dihentikannya pembelajaran secara tata muka dan diganti dengan pembelajaran dari rumah (BDR). Pelaksanaan BDR tidak dapat berjalan secara efektif secara keseluruhan karena berbagai kendala, terutama pada mata pelajaran yang dianggap susah oleh siswa, contohnya matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa dalam memelajari matematika melalui pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Analisis penelitian dibahas melalui studi lapangan yang akan dilakukan di MIS Darun Najah Kragan dengan subyek penelitian guru serta siswa kela III. Data penelitian diperoleh melalui cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan sebaran angket/kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data berupa kata-kata atau kalimat, gambaran, dan bukan angka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas III MI dalam memelajari muatan matematika selama pelaksanaan pembelajaran daring BDR. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, motivasi dan sebagai bahan evaluasi bagi para guru atau pendidik dalam mengajar siswa, serta memberikan upaya terbaik dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BDR daring; Matematika; Kemandirian belajar; Peran guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 04 Jul 2022 00:53
Last Modified: 04 Jul 2022 00:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics