Pengaruh media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Adiwerna Tegal tahun ajaran 2021/2022
Abidat, Adzkia Husnul (2021) Pengaruh media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Adiwerna Tegal tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
1703096106_Adzkia Husnul Abidat_Full Skripsi - adzkia husnul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu bergambar terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SD Muhammadiyah Pesarean Adiwerna Tegal Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode True Experimental dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Subjek penelitian adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 13 siswa dan kelas VC sebagai kelas kontrol dengan jumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan analisis uji-t, analisis korelasi biserial dan analisis koefisiensi determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media kartu bergambar lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional atau ceramah. Hal ini dapat dibuktikan dengan dengan uji-t dengan thitung = 3,287 dan ttabel = 2,714 maka Ha diterima karena thitung > ttabel. Analisis korelasi biserial diperoleh rhitung = 0,8242 yang menunjukkan tingkat korelasi sangat kuat. Pada analisis korelasi determinasi diketahui sebesar 68% media kartu bergambar mempengaruhi pemahaman konsep IPA. Kesimpulannya yaitu pemahaman konsep IPA pada siswa yang menggunakan media kartu bergambar lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional atau ceramah
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media kartu bergambar; Pemahaman konsep IPA |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:54 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16405 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year