Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah materi pokok keliling dan luas lingkaran pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang

Karima, Umi Nikmatul (2021) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan LKPD terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah materi pokok keliling dan luas lingkaran pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1403056043_Umi Nikmatul Karima_Lengkap] Text (Skripsi_1403056043_Umi Nikmatul Karima_Lengkap)
1403056043_UMI NIKMATUL KARIMA_FULL SKRIPSI - umi nikmatul karima.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan Self Efficacy dan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII SMP N 20 Semarang khususnya pada materi Lingkaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi pokok keliling dan luas lingkaran terhadap kemampuan Self Efficacy dan pemecahan masalah peserta didik Kelas VIII SMP N 20 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest-posttest-control group design dengan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes, observasi, dan angket, dianalisis menggunakan analisis statistik uji t-test.
Hasil penelitia menunjukkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan Self Efficacy peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata setelah perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 85,08 dan sebelum perlakuan diperoleh rata-rata sebesar 81,75. Dari uji hipotesis penelitian dengan menggunakkan uji paired t-test diperoleht_hitung= 4,135>t_tabel= 1,6955 dengan taraf signifikasi 5%, maka disimpulkan ada perbedaan rata-rata kemampuan Self Efficacy eksperimen sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan kemampuan Self Efficacy sebesar 0,182 dengan kategori peningkatan rendah. (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 66,281. Pada kelas control diperoleh rata-rata sebesar 59,576. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent t-test diperoleht_hitung = 1,803 dan t_tabel = 1,667 dengan taraf signifikasi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel maka dapat disimpulkan ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan LembarKerjaPeserta Didik (LKPD) yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik dan dapat dikatakan efektif daripada kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan. Disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi keliling dan luas lingkaran efektif terhadap kemampuan Self Efficacy dan pemecahan masalah peserta didik Kelas VIII SMP N 20 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Self efficacy; Problem Based Learning (PBL); Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Keliling lingkaran; Luas lingkaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:39
Last Modified: 26 Oct 2022 09:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16580

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics