Strategi guru dalam meningkatkan literasi matematika siswa MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo di tengah pandemi Covid 19

Yuliana, Yuliana (2021) Strategi guru dalam meningkatkan literasi matematika siswa MTs Matholi'ul Falah Langgenharjo di tengah pandemi Covid 19. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1403056092_Yuliana_Lengkap] Text (Skripsi_1403056092_Yuliana_Lengkap)
1403056092_Yuliana_Full Skripsi - Yuli Ana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Literasi sekolah saat ini sedang marak karena diyakini dapat membantu peningkatan wawasan maupun pengetahuan siswa sehingga tidak sebatas pada lingkup sekolah saja. Hampir sebagian besar guru menyelenggarakan literasi sekolah yang berkaitan dengan mata pelajaran yang diampunya. Demikian pula dengan mata pelajaran matematika menyelenggarakan literasi sekolah agar dapat menambah pengetahuan dan keterampilan matematis. Lebih-lebih pada kondisi saat ini hampir semua di wilayah dunia sedang dilanda pandemi Covid 19 yang keberadaannya sangat mengganggu dan menghambat segala hal dalam kehidupan ini, bahkan membahayakan bagi siapapun. Tetapi di sisi lain kehidupan harus tetap berlangsung dengan segala aktivitas di dalamnya, termasuk dalam dunia pendidikan. Pelaksanaan literasi matematika ada yang di dalam proses pembelajaran maupun di luar proses pembelajaran. Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan literasi matematika antara lain mengkomunikasikan dengan menggunakan relasi, situasi, dan ide matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Menafsirkan suatu model matematika ke dalam bentuk realistik, menerjemahkan kalimat matematis, grafik, dan gambar serta simbol matematis. Keberhasilan guru dalam meningkatkan literasi matematika di MTs. Matholi’ul Falah Langgenharjo Juwana pada masa pandemi Covid 19 ini ditandai dengan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diberikan oleh guru selama masa pandemi Covid 19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi matematika; Strategi guru; Covid 19
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:39
Last Modified: 12 Sep 2022 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics