Pengembangan media pembelajaran “geometry slayer” untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 16 Semarang

Imron, Muchammad (2021) Pengembangan media pembelajaran “geometry slayer” untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP N 16 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056013_Muchammad Imron_Lengkap] Text (Skripsi_1708056013_Muchammad Imron_Lengkap)
1708056013_M Imron_Full Skripsi - Em Imron.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pemahaman konsep meruapakan suatu hal yang penting untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari khususnya matematika. Siswa yang memiliki pemahaman konsep yang baik akan mudah mengingat, menggunakan, dan menyusun kembali suatu konsep yang telah dipelajari untuk menyelesaikan berbagai jenis permasalahan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa game android yang bisa meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan model pengembangan 4D. Pengujian media pembelajaran dilakukan dengan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran “Geometry Slayer” saat diuji kevalidan didapatkan skor sebesar 384 dengan skor maksimal 464 dan presentase skor sebesar 82,7% termasuk kategori valid. Untuk uji kepraktisan didapatkan skor sebesar 145 dengan skor maksimal 152 dan presentase skor sebesar 95,3%, termasuk kategori sangat valid. Sedangkan uji keefektifan didapatkan t hitung sebesar 2,368. Berdasarkan data dari T-tabel dengan alfa 5% (0,05) dan df (66-2) didapatkan nilai t table sebesar 1,669. Karena 2,368 > 1,669 (t hitung > t table) maka H0 ditolak. Berarti terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran “Geometry Slayer” dapat menignkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP N 16 Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Geometry slayer; Pemahaman konsep; Bangun ruang Sisi datar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:50
Last Modified: 26 Oct 2022 09:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16605

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics