Efektivitas model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fungsi trigonometri kelas X SMAN 1 Limbangan

Lestari, Fatmawati Puji (2021) Efektivitas model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fungsi trigonometri kelas X SMAN 1 Limbangan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056049_Fatmawati Puji Lestari_Lengkap] Text (Skripsi_1708056049_Fatmawati Puji Lestari_Lengkap)
1708056049_FATMAWATI_LENGKAP TUGAS AKHIR - fatmawati lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena adanya permasalahan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas X SMAN 1 Limbangan yang masih rendah serta penggunaan model pembelajaran yang monoton. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta didik yang kesulitan dalam mempelajari materi matematika salah satunya pada materi fungsi trigonometri. Karena pada materi ini banyak peserta didik yang kurang memahami masalah, sukar merencanakan dan menentukan masalah serta sukar untuk menyelesaikan dan menginterpretasikan hasil penyelesaian soal soal fungsi trigonometri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media Microsoft Teams terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi fungsi trigonometri kelas X SMA N 1 Limbangan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen serta teknik analisis uji-t. Post-test Only Control Design merupakan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. melalui cluster random sampling sampel penelitian digunakan. Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa metode tes .
Menurut perhitungan uji-t yang telah dilakukan didapatkan thitung = 1,6745. Selanjutnya membandingkan antara t hitung dan t tabel dengan dk = 70 dan taraf signifikan (α) = 5% didapatkan t tabel = 1,671. Karena t hitung > t tabel, dapat diartikan bahwa nilai rata rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan media Microsoft Teams efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Kemampuan pemecahan masalah; Problem Based Instruction (PBI); Trigonometri; Microsoft teams
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:41
Last Modified: 26 Oct 2022 09:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics