Pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap rasa ingin tahu dan penguasaan konsep materi bangun ruang sisi datar

Mukarromah, Laeli (2021) Pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap rasa ingin tahu dan penguasaan konsep materi bangun ruang sisi datar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi1708056085_Laeli Mukarromah_Lengkap] Text (Skripsi1708056085_Laeli Mukarromah_Lengkap)
1708056085_Laeli Mukarromah_Lengkap Tugas Akhir - LAELI MUKARROMAH 1708056085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu dan penguasaan konsep siswa MTs Nurul Hikmah Barupring yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap rasa ingin tahu materi bangun ruang sisi datar dan pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap penguasaan konsep materi bangun ruang sisi datar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain posttest-only control design. Sampel pada penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh karena semua populasi dijadikan sampel berjumlah 30 siswa, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan uji-t untuk tes dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian untuk rata - rata rasa ingin tahu siswa diperoleh thitung = 2,321 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,701 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh terhadap rasa ingin tahu, kemudian untuk rata - rata penguasaan konsep siswa diperoleh thitung = 2,092 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 1,701 maka thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Guided Discovery Learning; Penguasaan konsep; Bangun ruang sisi datar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:01
Last Modified: 26 Oct 2022 10:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16627

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics