Efektivitas penggunaan aplikasi zenius pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2021/2022

Zahra, Isna Rizki Az (2021) Efektivitas penggunaan aplikasi zenius pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708056100_Isna Rizki Az Zahra_Lengkap] Text (Skripsi_1708056100_Isna Rizki Az Zahra_Lengkap)
1708056100_Isna Rizki Az Zahra_Full Skripsi - Isna Rizki Az Zahra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Zenius pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep siswa di SMP Negeri 16 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C sebagai eksperimen diberi perlakuan menggunakan aplikasi Zenius dan kelas VIII D sebagai kontrol diberi perlakuan pembelajaran secara konvensional. Pengambilan data menggunakan pretest dan posttest berbentuk esai yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pada penggunaan aplikasi Zenius pada pemahaman konsep siswa. Perolehan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T Test dari data hasil perhitungan diperoleh taraf signifikansi Sig. 0,007 < 0,05 sedangkan perbandingan t hitung dan t tabel didapatkan 2,785 > 1,699. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini yaitu penggunaan aplkasi Zenius pada pembelajaran daring efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi koordinat Kartesius kelas VIII SMP Negeri 16 Semarang. Hal ini juga dibuktikan dengan hasil tes pemahaman konsep siswa kelas ekperimen yaitu 85,7 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 76.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran daring; Aplikasi zenius; Pemahaman konsep; Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:43
Last Modified: 12 Sep 2022 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16632

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics