Evaluasi pelaksanaan pembelajaran blended learning di MAN 2 Rembang pada masa pandemi Covid-19

Anisa, Khudsiyatul (2021) Evaluasi pelaksanaan pembelajaran blended learning di MAN 2 Rembang pada masa pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of Skripsi_1708056103_KhudsiyatulAnisa_Lengkap] Text (Skripsi_1708056103_KhudsiyatulAnisa_Lengkap)
1708056103_KhudsiyatulAnisa_Lengkap Tugas Akhir - khudsi anisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Memasuki era new normal, pembelajaran blended learning menjadi salah satu upaya pemerintah di bidang pendidikan. Namun, dalam pelaksanaan pembelajaran blended learning tentu saja masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dan siswa, ketersediaan sarana dan prasarana, proses pembelajaran, serta hasil belajar siswa selama pelaksanaan pembelajaran blended learning. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuliatatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru MAN 2 Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tak langsung melalui google form dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata aspek kesiapan guru dan siswa masing-masing termasuk kategori sangat baik dan baik, aspek ketersediaan sarana dan prasarana oleh guru dan siswa termasuk kategori sangat baik, aspek proses pembelajaran oleh guru dan siswa masing-masing termasuk kategori sangat baik dan baik, serta aspek hasi belajar siswa oleh guru dan siswa termasuk kategori baik. Namun, berdasarkan data tersebut masih terdapat keluhan siswa diantaranya jadwal pelaksanaan tatap muka terbatas sangat padat, banyak tugas yang diberikan guru, serta beberapa siswa yang nilai ulangan harian masih dibawah KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Blended learning; Era new normal, Evaluasi model CIPP
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:43
Last Modified: 12 Sep 2022 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics