Implementasi media pembelajaran berbasis video dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan dan tulisan pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati tahun 2021/2022

Fauziyah, Rosiana Farihatul (2022) Implementasi media pembelajaran berbasis video dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan dan tulisan pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati tahun 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106055_Rosiana_Farihatul_Fauziyah] Text (Skripsi_1703106055_Rosiana_Farihatul_Fauziyah)
Skripsi_1703106055_Rosiana_Farihatul_Fauziyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan bahasa anak usia dini menjadi salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan secara optimal karena bahasa merupakan alat komunikasi anak dengan lingkungannya. Dalam mengembangkan kemampuan bahasa dibutuhkan metode-metode dan media-media yang tepat agar perkembangan kemampuan anak dapat berkembang optimal. Diketahui bahwa anak-anak lulusan TK Pertiwi Alasdowo memiliki kemampuan di atas anak-anak lain meskipun masih dalam taraf sesuai kapasitas kemampuan anak usia dini pada umumnya, termasuk dalam kemampuan bahasanya. Hal ini tentu menjadi bukti bahwa metode-metode yang digunakan guru TK Pertiwi Alasdowo dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak sudah tepat. Selain itu, menurut guru-guru di TK Pertiwi Alasdowo media yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak juga berpengaruh dalam keberhasilan pengembangan kemampuan bahasa anak, yaitu media pembelajaran berbasis video. Dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui video, terdapat beberapa kendala yang dialami guru yaitu : kurangnya keterampilan guru dan jaringan/signal buruk yang menyebabkan terhambatnya penayangan video pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode penelitian yang dalam memberikan tafsiran terhadap hasil penelitian secara deskriptif berupa kata-kata tertulis. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen dengan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di TK Pertiwi Alasdowo tentang implementasi media audio visual dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun, dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan bahasa anak telah dilaksanakan dengan baik. Dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak menggunakan media pembelajaran berbasis video, langkah-langkah yang dilakukan guru adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan peralatan media pembelajaran berbasis video, mengajak anak untuk menyimak video pembelajaran, memastikan anak telah siap untuk menyimak tayangan video, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu kemampuan bahasa anak berjalan sesuai harapan dan mencapai tingkat perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Video; Kemampuan bahasa; Bahasa lisan; Anak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:50
Last Modified: 01 Oct 2022 07:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17006

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics