Peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode keteladanan di TK ABA Krogowanan Sawangan Magelang

Sophiyah, Sophiyah (2021) Peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun melalui metode keteladanan di TK ABA Krogowanan Sawangan Magelang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703106077_Sophiyah] Text (Skripsi_1703106077_Sophiyah)
Skripsi_1703106077_Sophiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahasa tentang bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui metode keteladanan anak usia 5-6 tahun di TK ABA Krogowanan Sawangan Magelang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena Guru itu merupakan suri tauladan bagi anak didiknya yang sangat memiliki pengaruh yang besar dalam dunia pendidikan terutama pada nilai agama dan moral. Dan metode keteladanan merupakan metode yang tepat untuk digunakan guru dalam menanamkan nilai agama moral anak usia 5-6 tahun. Dimana usia anak 5-6 tahun anak sudah dapat menangkap apa yang dilakukan guru, apa yang di arahkan guru. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:
(1) Bagaimana Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Keteladanan Anak Usia 5-6? (2) Apa factor pendukung dan penghambat Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Keteladanan Anak Usia 5-6?
Permasalahan dibahas melalui studi lapangan, sebagai sumber data ialah kepala sekolah dan guru TK ABA Krogowanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian setelah data dikumpulkan, maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah Peran guru dalam menanamkan nilai agama dan moral melalui metode keteladanan anak usia 5-6 tahun yang dikembangkan sesuai dengan STPPA diantaranya keteladanan yang disengaja yaitu Guru membaca Doa ketika hendak melakukan suatu kegiatan dan selesai melakukan kegiatan, Guru melakukan gerakan sholat dengan benar, cara guru berbicara, cara guru berpakaian, berangkat ke sekolah tepat waktu, berbagi, saling mengasihi dan menyayangi terhadap makhluk ciptaan Allah, kejujuran, peduli, dan suka menolong yang dilakukan berulang-ulang dan terus-menerus. Keteladanan yang tidak disengaja oleh guru TK ABA Krogowanan yaitu, karena setiap guru itu teladan bagi anak didiknya maka sudah seharusnya seorang guru dapat menjaga tutur kata tingkah laku yang secara tidak sengaja akan terlihat dan dapat ditiru oleh anak didiknya. Adapun factor pendukung yaitu fasilitas sekolah yang mendukung, semangat dari diri anak itu sendiri, dukungan dan motivasi dari guru serta orang tua, kemudian factor penghambatnya kurangnya sinkronisai dari pihak sekolah dan orangtua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Nilai agama; Moral; Keteladanan; Anak susia dini
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Oct 2022 08:55
Last Modified: 03 Oct 2022 08:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17048

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics