Penggunaan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat untuk meningkatkan perkembangan Bahasa Arab pada kelompok B usia 5-6 tahun di RA Islamiyah Bandengan Jepara tahun pelajaran 2021/2022

Stania, Nadia A'yunirrohmatus (2022) Penggunaan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat untuk meningkatkan perkembangan Bahasa Arab pada kelompok B usia 5-6 tahun di RA Islamiyah Bandengan Jepara tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106039_Nadia_A'Yunirrohmatus_Stania] Text (Skripsi_1803106039_Nadia_A'Yunirrohmatus_Stania)
Skripsi_1803106039_Nadia_A'Yunirrohmatus_Stania.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat untuk meningkatkan perkembangan bahasa merupakan alternatif baru yang dilakukan peneliti dalam memberikan materi mufrodat. Karena seorang guru disekolahan masih banyak yang memberikan metode pembelajaran zaman dulu yaitu dengan cara guru menulis mufrodat di papan tulis setelah itu guru membacakan mufrodat tersebut dan anak menirukan. Dengan itu metode tersebut kurang efektif dan kurang menarik jika diajarkan kepada anak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat untuk meningkatkan perkembangan bahasa arab pada kelompok B usia 5-6 tahun di RA Islamiyah Bandengan Jepara. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1. Apakah penggunaan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat dapat meningkatkan perkembangan bahasa arab pada kelompok B usia 5-6 tahun di RA Islamiyah Bandengan Jepara?.
Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing terdapat perencanaan , pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi RA Islamiyah kelompok B usia 5-6 tahun yang berjumlah 21 anak laki-laki 8 anak dan perempuan 13 anak. Instrument dalam penelitian ini adalah menggunakan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan adalah : penggunaan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat untuk meningkatkan perkembangan bahasa arab pada kelompok B usia 5-6 tahun di RA Islamiyah Bandengan Jepara berjalan dengan baik dan lancar. Dengan media flash card dalam materi penguasaan mufrodat dapat meningkatkan perkembangan bahasa arab pada anak karena dengan media flash card anak lebih mudah untuk mengingat,mengucapkan mufrodat dan melihat gambar yang ada di media flash card. Kemudian hasil penelitian siklus I diperoleh hasil presentase 38% dari jumlah frekuensi yang berkembang sesuai harapan ada 8 anak dan anak yang berkembang sangat baik belum ada atau 0% pada siklus II diperoleh hasil presentase 89% dari jumlah frekuensi yang berkembang sesuai harapan ada 10 anak atau 47% dan anak yang berkembang sangat baik ada 9 anak atau 42%. Dengan hasil tersebut bahwa peneliti berhasil karena telah mencapai ketuntasan belajar sebesar 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Flash Card; Mufrodat; Pendidikan Bahasa Arab; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:01
Last Modified: 03 Oct 2022 09:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17053

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics