Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui permainan Busybook di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari Petarukan Pemalang

Mu'ammamah, Sri (2022) Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini melalui permainan Busybook di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari Petarukan Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106042_Sri_Mu'ammamah] Text (Skripsi_1803106042_Sri_Mu'ammamah)
Skripsi_1803106042_Sri_Mu'ammamah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam aspek perkembangan fisik motorik yang harus distimualsi terdapat kemampuan motorik halus. Perkembangan motorik halus anak harus distimulasi dengan media yang bervariasi dan menarik, salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan permainan busybook yang dapat melatih perkembangan motorik halus anak usia dini. Pada penelitian ini, peneliti meneliti permainan busy book dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK ABA Kendalsari, dan tujuan dari penelitian ini ialah untuk membuktikan bahwa permainan busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Metode yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan dua kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelasanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini ialah anak usia dini kelompok A TK ABA Kendalsari Petarukan Pemalang yang berjumlah 16 orang.
Hasil dari penelitian ini adalah permainan busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK ABA Kendalsari. Berdasarkan data observasi kemampuan motorik halus pada saat pra siklus, siklu I dan siklus II yang meningkat. Pada pra siklus pra Siklus kemampuan motorik halus anak seimbang pada kriteria (BB) dan (MB) yakni berjumlah 8 anak dengan presentase 50%. Pada siklus I kemampuan motorik halus anak tertinggi pada kriteria (BSH) sebanyak 9 anak dengan presentase 56%, dan pada kriteria (MB) sebanyak 7 anak dengan presentase 44 %. Pada siklus II kemampuan motorik halus anak tertinggi pada kriteria (BSB) sebanyak 13 anak presentase 81 %, pada kriteria (BSH) sebanyak 3 anak dengan presentase 19%. Dengan demikian permainan busy book dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak karena sudah melampui indikator ketercapaian yaitu 81% dari 75% yang sudah ditetapkan diawal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Permainan; Busy Book; Motorik Halus; Anak usia dini; Media pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:11
Last Modified: 03 Oct 2022 09:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics