Pengaruh laboratorium alam terhadap pemahaman konsep IPA materi sumber energi panas pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak tahun ajaran 2021/2022

Syafiah, Ida Zahrotus (2022) Pengaruh laboratorium alam terhadap pemahaman konsep IPA materi sumber energi panas pada siswa kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096072_Ida_Zahrotus_Syafiah] Text (Skripsi_1503096072_Ida_Zahrotus_Syafiah)
Skripsi_1503096072_Ida_Zahrotus_Syafiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Guru kurang memanfaatkan pembelajaran di luar kelas yang menarik dan menyenangkan dan masih sering menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah). Hal ini menyebabkan peserta didik jenuh (bosan), kurang aktif dalam proses pembelajaran dan pemahaman dalam memahami materi masih kurang. Adapun rumusan masalah peneliti ini adalah apakah terdapat pengaruh laboratorium alam terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA materi Sumber Energi Panas pada Siswa Kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berbentuk eksperimen jenis kuantitatif mengenai pengaruh laboratorium alam terhadap pemahaman konsep IPA materi Sumber Energi Panas pada Siswa Kelas IV di MI Miftahul Ulum Jogoloyo Demak menggunakan desain One Group Pretest-Postet Design. yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalamsatu kelompok saja.
Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, meliputi: (1) Pelaksanaan kegiatan belajar laboratorium alam siswa dapat aktif, senang dan nyaman dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa sudah mencapai tujuan pembelajaran. (3) Perhitungan uji perbedaan rata-rata pretest dan posttest diperoleh thitung = 8,659 dan ttabel= 2,004.Karena thitung > ttabel berarti Ha di terima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh pemahaman konsep IPA materi Sumber Energi Panas dengan menggunakan laboratorium alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Laboratorium alam; Pemahaman konsep; IPA; Sumber energi panas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 03 Oct 2022 09:31
Last Modified: 03 Oct 2022 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics