Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDIT Cahaya Bangsa Semarang
Asiyah, Nor (2013) Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDIT Cahaya Bangsa Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111087_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111087_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111087_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111087_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111087_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111087_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093111087_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya orang tua membekali anak-anaknya sebagai generasi penerus kekhalifahan di bumi dengan pendidikan Al-Qur’an. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perhatian orang tua? (2) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SDIT Cahaya Bangsa Semarang? (3) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SDIT Cahaya Bangsa Semarang?
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua dalam kategori “cukup”. Rata-rata variabel perhatian orang tua adalah 70 terletak pada interval 64-71, sedangkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang dalam kategori “baik”. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata variabel kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu 80 terleak pada interval 72-81.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang adalah signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,32 > rtabel pada taraf signifikan 0,01 dan 0,05. Dari hasil uji t juga menunjukkan bahwa thitung = 2,9 > ttabel (0,01) = 2,39 dan ttabel (0,05) = 1,67, ini berarti signifikan, dan koefisien determinasinya r2 = 0,1024. Hal ini menunjukkan bahwa 10% kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang ditentukan oleh perhatian orang tua. Melalui persamaan garis regresi = 55,856 + 0,334X, pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,3 > 7,01 pada α 1% dan Fhitung = 8,3 > 3,98 pada α 5%, maka hal ini menunjukkan nilai signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan para pendidik dalam usaha untuk memberikan perhatian yang tinggi terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua; Baca Tulis Al-Qur’an; Pendidikan Anak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 09:16 |
Last Modified: | 25 Mar 2014 09:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1730 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year