Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDIT Cahaya Bangsa Semarang

Asiyah, Nor (2013) Pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III di SDIT Cahaya Bangsa Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 093111087_Coverdll.pdf]
Preview
Text
093111087_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111087_Bab1.pdf]
Preview
Text
093111087_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111087_Bab2.pdf]
Preview
Text
093111087_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111087_Bab3.pdf]
Preview
Text
093111087_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111087_Bab4.pdf]
Preview
Text
093111087_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111087_Bab5.pdf]
Preview
Text
093111087_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 093111087_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
093111087_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya orang tua membekali anak-anaknya sebagai generasi penerus kekhalifahan di bumi dengan pendidikan Al-Qur’an. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perhatian orang tua? (2) Bagaimana kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SDIT Cahaya Bangsa Semarang? (3) Apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an di SDIT Cahaya Bangsa Semarang?
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua dalam kategori “cukup”. Rata-rata variabel perhatian orang tua adalah 70 terletak pada interval 64-71, sedangkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang dalam kategori “baik”. Hal ini ditunjukkan dari rata-rata variabel kemampuan baca tulis Al-Qur’an yaitu 80 terleak pada interval 72-81.
Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa korelasi antara perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang adalah signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,32 > rtabel pada taraf signifikan 0,01 dan 0,05. Dari hasil uji t juga menunjukkan bahwa thitung = 2,9 > ttabel (0,01) = 2,39 dan ttabel (0,05) = 1,67, ini berarti signifikan, dan koefisien determinasinya r2 = 0,1024. Hal ini menunjukkan bahwa 10% kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang ditentukan oleh perhatian orang tua. Melalui persamaan garis regresi = 55,856 + 0,334X, pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif perhatian orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas III SDIT Cahaya Bangsa Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 8,3 > 7,01 pada α 1% dan Fhitung = 8,3 > 3,98 pada α 5%, maka hal ini menunjukkan nilai signifikan.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para orang tua dan para pendidik dalam usaha untuk memberikan perhatian yang tinggi terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua; Baca Tulis Al-Qur’an; Pendidikan Anak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:16
Last Modified: 25 Mar 2014 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1730

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics