Analisis kesesuaian buku ajar kelas IV SD/MI tema peduli terhadap makhluk hidup dengan kurikulum 2013
Setiyorini, Nunung Dwi (2013) Analisis kesesuaian buku ajar kelas IV SD/MI tema peduli terhadap makhluk hidup dengan kurikulum 2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093911053_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911053_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911053_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911053_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911053_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911053_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
093911053_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas kesesuaian buku ajar kelas IV SD/MI tema “Peduli terhadap Makhluk Hidup” dengan kurikulum 2013. Kajiannya dilaterbelakangi oleh perubahan kurikulum KTSP 2006 menjadi kurikulum 2013, yang menuntut perubahan pada buku ajar. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah buku ajar kelas IV SD/MI tema “Peduli terhadap Makhluk Hidup” sudah sesuai dengan kurikulum 2013?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Dimana penelitian yang disusun tidak melalui prosedur statistik, tetapi non statistik atau non matematik. Maka untuk mendapatkan data yang diteliti, peneliti melakukan telaah pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan metode analisis data peneliti menggunakan metode Miler dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data (interpretation), display data (penyajian data), dan kesimpulan (verifikasi).
Kajian ini menunjukkan bahwa isi buku guru dan buku siswa tema “Peduli terhadap Makhluk Hidup” kelas IV SD/MI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditinjau dari kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum 2013 masih terdapat kekurangan dalam menjabarkan materi Ilmu Pengetahuan Sosial, PPKn, Matematika, dan Bahasa Indonsesia, dan ditinjau dari prinsip-prinsip kurikulum 2013 masih terdapat kekurangan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, budaya, teknologi, dan seni. Serta ditinjau dari kelengkapan materi masih terdapat kekurangan dalam menjabarkan materi Ilmu Pengetahuan Sosial, PPKn, Matematika, dan Bahasa Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi praktisi pendidikan dan civitas akademika di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Buku Ajar; Lingkungan Hidup |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Mar 2014 03:21 |
Last Modified: | 26 Mar 2014 03:21 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1736 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year