Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen tahun pelajaran 2019/2020
Jannah, Amalia Nurul (2022) Efektivitas model pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1503056019_Amalia_Nurul_Jannah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen pada materi Aritmetika Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran RME terhadap metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah pada materi Aritmetika Sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control grup design untuk mengukur metakognitif dan posttest only control group design untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan menggunakan undian yang akhirnya diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan VII F sebagai kelas kontrol. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran RME efektif untuk meningkatkan metakognitif siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan uji paired samples test diperoleh t-hitung=10,691 > t-tabel=1,692. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh peningkatan metakognitif sebesar 0,4707 dengan kategori peningkatan kriteria sedang. (2) Model pembelajaran RME efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan dibuktikan melalui uji independent samples test diperoleh t-hitung=5,409>t-tabel=1,668. Kesimpulannya model pembelajaran RME efektif terhadap metakognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Aritmetika Sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kayen Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Metakognitif; Kemampuan Pemecahan Masalah; Realistic Mathematics Education (RME); Aritmetika sosial |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 05:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 05:59 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17379 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year