Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi komposisi berdasarkan gaya belajar siswa kelas X MA Qosim Al Hadi Mijen

Ihsan, Noor (2022) Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi komposisi berdasarkan gaya belajar siswa kelas X MA Qosim Al Hadi Mijen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503056066_Noor_Ihsan] Text (Skripsi_1503056066_Noor_Ihsan)
Skripsi_1503056066_Noor_Ihsan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi fungsi komposisi berdasarkan gaya belajar siswa kelas X MA Qosim Al Hadi Mijen. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 di MA Qosim Al Hadi Mijen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 27 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual mempunyai kemampuan pemahaman konsep matematika lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditorial maupun kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematika, siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi 4 indikator, yaitu indikator 1, 2, 5 dan 6 pemahaman konsep matematika, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi 3 indikator, yaitu indikator 1, 3 dan 5 pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman; Konsep Matematika; Gaya Belajar Visual; Auditorial; Kinestetik; Fungsi komposisi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:05
Last Modified: 24 Oct 2022 06:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics