Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTS pada materi kalor dan perubahannya

Nisa, Khoirotun (2022) Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP/MTS pada materi kalor dan perubahannya. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503066015_Khoirotun_Nisa] Text (Skripsi_1503066015_Khoirotun_Nisa)
Skripsi_1503066015_Khoirotun_Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan berpikir kritis siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Mranggen menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi kalor dan perubahannya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Rata-rata nilai siswa setelah diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi yaitu 87,52 dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan yaitu 81,33. Hasil Uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thitung > ttabel, sehingga dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik disbanding kelas kontrol. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen diperoleh koefisien sebesar 0,47 berada pada kategori sedang dan kelas kontrol diperoleh koefisien sebesar 0,28 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP/MTs pada materi kalor dan perubahannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL); Berpikir kritis; Kalor
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:41
Last Modified: 26 Oct 2022 10:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics