Analisis kualitas implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SMA M 2 Brebes tahun ajaran 2021/2022

Ana, Lilis Sukma (2022) Analisis kualitas implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SMA M 2 Brebes tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708056046_Lilis_Sukma_Ana] Text (Skripsi_1708056046_Lilis_Sukma_Ana)
Skripsi_1708056046_Lilis_Sukma_Ana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Diberlakukannya kebijakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 menimbulkan banyak kendala dan dampak negatif bagi pelaku pendidikan khususnya guru dan siswa. Adanya kendala dan dampak negatif tersebut dapat mempengaruhi kualitas dari pembelajaran daring itu sendiri. Kualitas pembelajaran daring dapat dilihat dari segi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di SMA Negeri 2 Brebes Tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 2 Brebes dan guru mata pelajaran matematika yang mengajar kelas tersebut. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)Guru mata pelajaran matematika SMA Negeri 2 Brebes memenuhi semua indikator kualitas pembelajaran daring pada aspek perilaku pendidik dengan hasil rerata nilai angket sebesar 4,33 yaitu dalam kategori kualitas Cukup baik, dengan ini menandakan bahwa pendidik/guru telah berusaha memberikan pembelajaran daring yang baik kepada siswa namun, guru kurang jelas dan menarik dalam memberikan materi ke siswa. (2)Siswa memenuhi semua indikator kualitas pembelajaran daring aspek perilaku siswa dengan hasil rerata nilai angket sebesar 3,95 yaitu hanya dalam kategori cukup baik, sebab keaktifan dan semangat siswa dalam belajar matematika selama proses pembelajaran daring dapat dikatakan sangat kurang, sehingga siswa kurang memahami dan menguasai materi. (3)Iklim pembelajaran daring pada proses pembelajaran matematika di SMA Negeri 2 Brebes memenuhi semua indikator kualitas pembelajaran daring pada aspek iklim pembelajaran dengan hasil rerata nilai angket sebesar 4,02 yaitu hanya dalam kategori cukup baik, sebab suasana pembelajaran daring kurang menyenangkan, sehingga kurang memicu semangat dan kekatifan siswa dalam belajar baik didalam maupun diluar kelas. (4)Materi mata pelajaran matematika di SMA Negeri 2 Brebes memenuhi semua indikator kualitas pembelajaran daring pada aspek materi pembelajaran dengan hasil rerata nilai angket sebesar 4,36 yaitu berkualitas cukup baik, sebab keaktifan siswa kurang seingga kurang dapat memahami dan menguasai materi dengan baik. (5)Platform whatsApp dan Platform Microsoft 365 yang digunakan SMA N 2 Brebes memenuhi semua indikator kualitas pembelajaran daring pada aspek media pembelajaran dengan rerata nilai angket sebesar 3,86 yaitu hanya dalam kualitas cukup baik, sebab Platform whatsApp dan Platform Microsoft 365 kurang dapat memuat semua informasi dan materi serta kurang dapat menarik perhatian siswa, sehingga keaktifan dan semangat belajar siswa juga ikut berkurang, hal tersebut sangat berpengaruh juga pada proses kemamapuan dan kreativitas siswa. (6)Sistem pembelajaran di SMA Negeri 2 Brebes memenuhi semua indikator kualitas pembelajaran daring pada aspek sistem pembelajaran dengan rerata nilai angket sebesar 4,52 yaitu dalam kategori kualitas cukup baik sebab, dengan ini menandakan SMA Negeri2 Brebes sudah berusaha memberikan peran besar dalam proses pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran; Pembelajaran Daring; Matematika; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zara Hafidhany
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:20
Last Modified: 25 Oct 2022 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/17444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics