Peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada masa pandemi Covid-19 di RT 14 / RW 04 Desa Lowayu Dukun Gresik

Sholihah, Lailatus (2022) Peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada masa pandemi Covid-19 di RT 14 / RW 04 Desa Lowayu Dukun Gresik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803106004_Lailatus_Sholihah_Lengkap] Text (Skripsi_1803106004_Lailatus_Sholihah_Lengkap)
Skripsi_1803106004_Lailatus_Sholihah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan sebuah gambaran tentang peran orang tua dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada masa pandemi.
Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana Peran Orangtua dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada masa pandemi di RT 14/RW 04 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik ?. (2) Faktor-faktor apa yang dialami orangtua dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada masa pandemi di RT 14/RW 04 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik ?. (3) Bagaimana kondisi kemampuan fisik motorik anak usia dini selama pandemi di RT 14/RW 04 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik ?. Permasalahan itu semua yaitu peran orangtua dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada masa pandemi Covid-19, fisik motorik ada 2 yaitu motorik halus maupun motorik kasar dibahas melalui metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti menggunkan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian diperoleh dari beberapa orang tua yang mempunyai anak yang berusia 5-7 tahun dan tinggal di RT 14 RW 04 Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Teknis analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan mengambil sebuah kesimpulan.
Hasil dari kesimpulan Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Di Rt 14/ Rw 04 Desa Lowayu Dukun Gresik, yaitu dapat dilihat dari beberapa peran orang tua selama pandemi covid-19 dalam meningkat perkembangan fisik motorik anak. bahwa peran orang tua adalah sebagai pembimbing, penyedia fasilitas, motivator, pembimbing. Dan faktor-faktor yang dialami setiap orang tua berbeda-beda. tahapan-tahapan yang dilakukan orang tua untuk menstimulasi motorik kasar dan motorik halusnya tidak sesuai dengan tahapannya tetapi anak tetap berkembang sesuai usiannya, lalu dapat dilihat dari perubahan kemampuan anak yang sebelumnya belum bisa melakukan kegiatan itu tetapi saat adanya pandemi dan sering dilakukan akhirnya anak bisa melakukan kegiatan itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua; Fisik motorik; Pandemi covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:42
Last Modified: 22 Nov 2022 06:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18011

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics